[SALAH] Meminum Rebusan Tepung Kanji Dan Gula Merah Secara Rutin Dapat Menyembuhkan Asam Lambung

Beredar sebuah unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa meminum rebusan tepung kanji dan gula merah secara rutin dapat menyembuhkan asam lambung. Unggahan tersebut juga menyertakan video pembuatan rebusan tepung kanji dan gula merah.

Namun, setelah ditelusuri informasi tersebut salah. Melansir Kompas.com, Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam membantah klaim tepung kanji berkhasiat mengobati asam lambung. Menurut Ari, tidak ada bukti klinis yang menunjukkan konsumsi rebusan tepung kanji secara rutin dapat mengobati dan mencegah asam lambung kambuh. Selain itu, melansir Liputan6.com, Prof Ari mengatakan tidak ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut. Menurutnya, mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah tidak bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus. Dengan demikian, klaim meminum rebusan tepung kanji dan gula merah secara rutin dapat menyembuhkan asam lambung adalah klaim tidak berdasar dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Informasi tersebut salah. Faktanya, Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam membantah klaim tepung kanji berkhasiat mengobati asam lambung. Menurut Ari, tidak ada bukti klinis yang menunjukkan konsumsi rebusan tepung kanji secara rutin dapat mengobati dan mencegah asam lambung kambuh.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4984082/cek-fakta-hoaks-mengonsumsi-rebusan-tepung-kanji-dan-gula-merah-bisa-sembuhkan-asam-lambung-akut https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/09/142000582/-hoaks-rebusan-tepung-kanji-berkhasiat-mengobati-asam-lambung?page=all

Publish date : 2022-06-15