[SALAH] Terapi Pijat untuk Anak Delay Speech (Lambat Bicara)

Beredar sebuah video di media sosial mengenai pijat terapi untuk mengatasi masalah delay speech (lambat bicara) pada anak. Dalam video tersebut menunjukkan seorang anak yang dipijat pada bagian muka dan telinga. Narasi” “Terapi Pijat untuk Anak Delay Speech (Lambat Bicara)”

Namun, setelah ditelusuri informasi tersebut salah. Faktanya, hal tersebut merupakan klaim tidak berdasar dan belum ada penelitian yang membuktikan pijat terapi dapat mengatasi delay speech. Informasi serupa sempat beredar pada tahun 2019 dan sudah dibantah oleh dokter spesialis anak dari RS Pondok Indah, Catharine Mayung Sambo. Ia mengungkapkan belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa tindakan seperti dalam video dapat mengatasi keterlambatan kemampuan bicara anak. “Kalau untuk pencet telinga untuk terapi lambat bicara sih sepanjang pengetahuan saya belum ada penelitiaanya,” ujar Dr. Mayung, dilansir dari Kompas.com. Menurur Dr. Mayung, anak yang mengalami lambat bicara dan berbahasa harus banyak diberikan stimulus seperti lebih sering diajak bercerita, mengobrol, dan menyanyi. Dengan demikian, video yang mengklaim terapi pijat untuk lambat bicara adalah informasi yang keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Fathia IS. Informasi keliru. Faktanya, hal tersebut merupakan klaim tidak berdasar dan belum ada penelitian yang membuktikan pijat terapi dapat mengatasi delay speech.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/16/212755120/viral-video-terapi-pijat-telinga-atasi-delay-speech-pada-anak-ini?page=all https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/28/151528782/hoaks-terapi-pijat-muka-dan-telinga-untuk-anak-yang-lambat-bicara

Publish date : 2022-06-04