[SALAH] “Wow Akhirnya Kang Elon Musk Bikin Tweet Kunjungan Presiden Jokowi”

Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @PelatihBart yang memposting sebuah hasil screenshoot dari akun Twitter Elon Musk (@elonmusk). Screenshoot tersebut memperlihatkan Elon Musk memposting tweet dengan narasi bahwa ia bertemu Presiden Jokowi untuk membahas pengiriman k3cebong ke planet Pluto. @PelatihBart juga menambahkan narasi dalam postingannya terkait kabar baik bahwa Elon Musk akhirnya memposting kabar pertemuannya dengan Presiden Jokowi. Postingan @PelatihBart muncul di tengah pemberitaan mengenai kegiatan Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke SpaceX dan bertemu langsung dengan Elon Musk. Namun, yang sedang ramai diperbincangkan oleh netizen adalah, hingga 16 Mei 2022 tidak ada postingan Twitter dari Elon Musk yang membahas pertemuannya dengan Jokowi. Jokowi dan elonmusk

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, tweet @PelatihBart adalah hasil manipulasi. Elon Musk tidak pernah menarasikan tweet sebagaimana yang diklaim. Diketahui dari gambar screenshoot yang dimanipulasi, Elon musk memposting tulisan pada 15 Mei 2022 pukul 06.55 pagi. Padahal, ketika dicek langsung di akun Twitter pribadinya, Elon Musk (@elonmusk) terakhir memposting sebuah tweet di tanggal 15 Mei 2022 pada pukul 06.04. Pun postingan Elon juga tidak berkaitan sama sekali tentang kunjungan Presiden Jokowi ke perusahaannya. Narasi tweet Elon Musk pada tanggal 15 Mei 2022 pada pukul 06.04, berkaitan dengan pentingnya men-setting feed untuk menghindari manipulasi yang dilakukan alogaritma Twitter. Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @PelatihBart adalah tidak benar dan termasuk kategori Konten Palsu.

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR Informasi Palsu. Elon Musk tidak pernah memposting tweet sebagaimana yang diklaim. Waktu terakhir Elon Musk memposting Tweet di akun pribadinya adalah tanggal 15 Mei 2022 pukul 06.04. Sedangkan klaim dari akun @PelatihBart menunjukkan Tweet diunggah pada pukul 06.55. Postingan terakhir Elon Musk di Twitter sama sekali tidak berkaitan dengan kunjungan Presiden Jokowi di SpaceX.

https://mobile.twitter.com/elonmusk/status/1525612988115320838

Publish date : 2022-05-20