[SALAH]: Seorang Pemuda Membuang Uang Tabungannya di Jalan Karena Depresi Ditinggal Nikah oleh Kekasihnya

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berupa beberapa foto orang-orang yang tengah memungut uang di jalanan disertai narasi klaim yang menyebut bahwa uang tersebut disebarkan oleh seorang pemuda berinisial M yang membuang uang hasil tabungannya merantau di Jepang selama 2 tahun dengan nominal 321 juta rupiah karena alami depresi ditinggal kekasihnya menikah dengan orang lain.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut merupakan hoaks lama dan sudah pernah diverifikasi kebenarannya. Beberapa foto yang diunggah tidak ada kaitannya dengan narasi klaim. Dikutip dari Liputan6.com dan Medcom.id, foto-foto yang dibagikan itu merupakan dua peristiwa yang berbeda. Foto yang memperlihatkan seorang personel polisi tampak memungut uang kertas pecahan 50 ribu terkait peristiwa dua orang pelaku perampokan yang terjatuh setelah upaya pelariannya digagalkan warga dan polisi. Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Pondok Kapur, Sawahlunto, Sumatera Barat pada April 2018 lalu. Foto lain terkait berhamburnya uang sejumlah Rp 86,2 juta di jalan poros Paser-Batulicin (Kalsel) Kecamatan Pasir Belengkong pada Oktober 2016 lalu. Saat itu belum dipastikan uang itu sengaja atau tidak dijatuhkan oleh seorang pengendara motor. Kemudian berdasarkan penelusuran menggunakan kata kunci di penelusuran google, tidak ditemukan informasi atau pemebritaan terkait seorang pemuda yang baru merantau dari Jepang membuang uangnya ke jalan akibat depresi putus cinta. Informasi serupa sudah pernah dibantah pada laman turnbackhoax.id pada 24 Agustus 2020 berjudul “[SALAH] seorang pria Baru pulang dari jepang menuju kronjo, membuang uang tabungan nya senilai 300 juta”.

Informasi menyesatkan dan merupakan hoaks lama. Bebera foto yang dicantumkan dalam postingan tersebut tidak ada kaitannya dengan narasi yang disebarkan.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4336199/cek-fakta-hoaks-cerita-seorang-pria-buang-tabungan-rp-300-juta-di-jalan-raya https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/gNQGDdWk-cek-fakta-beredar-foto-seorang-pria-membuang-uang-rp300-juta-ke-jalan-ce

Publish date : 2022-05-12