[SALAH] Campuran Air Panas dan Pare Mampu Bunuh Sel Kanker

Sumber: Whatsapp.com
Tanggal publish: 10/05/2022

Berita

“Tolong sebar luaskan.
RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD Gatot Soebroto) Jakarta. Menegaskan bila setiap orang yg mendapatkan info ini kemudian membagikan ke 10 orang lainnya, di pastikan sedikitnya ada satu nyawa yg akan terselamatkan..saya sudah melakukan, Mohon anda juga membantu melakukan bagian anda.Tks!
Air pare yang panas dapat Membunuh Sel Kangker
Pare dapat membunuh sel kanker!
Potong 2-3 irisan tipis pare taruh dalam gelas, tuang air panas, air akan menjadi alkalin (basa), minum setiap hari, terhadap siapapun akan bermanfaat.”
“Air panas pare tsb akan mengeluarkan suatu zat anti kanker, ini adalah sebuah perkembangan baru didalam dunia kedokteran yg bermanfaat dalam mengobati kanker.

Air panas ekstrak pare akan berpengaruh terhadap kista dan tumor. Sudah di buktikan dapat menolong pelbagai macam kanker.
Menggunakan pare dalam mengobati kanker, hanya akan mematikan sel sel jahat tumor, dia tidak akan mempengaruhi sel sel yg sehat.
Selain itu asam amino dan polyphenol oxidase drpd pare, dapat menyeimbangkan tekanan darah tinggi, melancarkan peredaran darah, mengurangi penggumpalan darah dan dapat mencegah terjadinya penggumpalan vena dalam (deep vein thrombosis).
Setelah selesai membaca ini, sebar luaskan! Harus jaga dgn baik kesehatan masing masing. Mensana in coporesano…🤲
https://nasihatcanggih.blogspot.com/2019/08/tolong-sebar-luaskan-rs-pusat-angkatan.html”
Air pare pembunuh sel kanker

Hasil Cek Fakta

Telah beredar pesan melalui WhatsApp berisi informasi terkait air panas yang dicampur dengan pare dapat membunuh sel kanker. Informasi yang disertai dengan tautan blogspot diklaim bersumber dari RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD Gatot Soebroto) Jakarta.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan WhatsApp tersebut adalah hoaks lama yang berulang. Mengutip wawancara Dokter Gizi Medis dr Karina Anastasya, M.Kes dari Liputan6, air rebusan kanker tidak terbukti dapat menyembuhkan kanker. Berdasar dari penelitian, dr Karina menjelaskan bahwa pare memiliki senyawa antikanker, namun senyawa itu didapat dari ekstrak pare bukan air rebusan pare.

“Air rebusan pare tidak bisa dibilang menyembuhkan kanker. Senyawa dalam pare itu memiliki efektifitas sebagai antikanker. Namun pada saat ini masih terbatas dari pengambilan ekstrak dari pare itu sendiri, belum sampai ke tahap air rebusan pare,” jelas dr. Karina.

Sebagai tambahan, informasi seputar penyembuhan kanker menggunakan pare sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] “Air pare yang panas dapat Membunuh Sel Kangker” dan [KLARIFIKASI] “Pare Tidak Serta-merta Bisa Menyembuhkan Kanker”.

Dengan demikian, pesan yang beredar melalui WhatsApp itu dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, pesan tersebut adalah hoaks berulang. Dokter Gizi Medis dr Karina Anastasya, M.Kes menyatakan, air rebusan pare tidak terbukti menyembuhkan kanker.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

Rujukan

  • Mafindo
  • 1 media telah memverifikasi klaim ini