[SALAH] “Rusia Ancam Serang Israel jika Pendudukan terhadap Palestina tak Segera Dihentikan”

“Rusia Ancam Serang Israel jika Pendudukan terhadap Palestina tak Segera Dihentikan”

Beredar sebuah narasi oleh media oposisicerdas[dot]com yang menyatakan bahwa Rusia mengancam untuk menyerang Israel jika negara tersebut tidak segera mengakhiri pendudukannya terhadap Palestina. Artikel tersebut mencantumkan unggahan oleh akun TikTok “Arakindy19” yang sudah berganti nama pengguna menjadi “krabdy1901” sebagai sumber. Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada pernyaaan resmi dari pemerintah Rusia terkait ancaman untuk menyerang Israel. Reaksi Rusia terhadap serangan Israel hanya sebatas kecaman dari pihak Kementerian Luar Negeri Rusia terhadap kejadian tersebut. Melansir dari Times of Israel, pihak Kementerian Luar Negeri Rusia menuduh Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, yang mendukung penanggalan posisi Rusia dari Dewan HAM PBB. Kementerian Luar Negeri Rusia kemudian mengecam pendudukan Israel terhadap Palestina yang telah berlangsung sejak lama. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh media online oposisicerdas[dot]com tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah Rusia terkait ancaman untuk menyerang Israel. Reaksi Rusia terhadap serangan Israel hanya sebatas kecaman dari pihak Kementerian Luar Negeri Rusia terhadap kejadian tersebut.

https://www.timesofisrael.com/russia-hits-out-at-lapid-for-backing-its-suspension-from-un-rights-council/ https://www.liputan6.com/global/read/4941842/viral-hoaks-vladimir-putin-ingin-serang-israel

Publish date : 2022-04-20