[SALAH]: Seekor Ular Raksasa Melilit Sebuah Mobil Van

“Semua jenis ular baik ukuran besar maupun kecil, mungkin sangat menakutkan jika kita tidak tahu cara menghadapinya, apabila ular tersebut menyerang kita secara tiba – tiba. Sebelum membahas tentang hewan melata ini, apakah ada diantara kalian pernah melihat seekor ular lebih besar tiga kali lipat dari ukuran tubuhnya? Bagimana jika ular tersebut bisa melilit barang yang besar, seperti kendaraan atau hal yang lain mungkin?”

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berupa foto ular besar yang terlihat melilit sebuah mobil van. Dalam unggahannya, akun tersebut menyertakan link tautan situs SETAPAKRAIBUMBEI[dot]com berjudul “Menyeramkan, Seekor Ular Raksasa Melilit Sebuah Mobil Van Putih”. Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan reverse image, ditemukan gambar identik dengan postingan tersebut yang berupa video yang banyak tersebar di youtube. Meski begitu, banyak video-video yang beredar sudah mengalami editing yang berbeda-beda pada bagian audio. Dikutip dari unilad.uk, rekaman itu awalnya dibagikan secara online pada 2021 dan mendapat perhatian lebih lanjut di TikTok, di mana pemirsa hampir tidak bisa mempercayai mata mereka. Tentu saja, sebagian alasannya adalah karena video itu sebenarnya adalah lelucon. Video ular raksasa yang melilit sebuah mobil van tersebut adalah sebuah instalasi seni yang dibuat sebuah pengelola kebun binatang. Instalasi seni yang memperlihatkan ular raksasa sedang melilit kendaraan juga pernah dilakukan pengelola kebun binatang di Copenhagen, Denmark, pada Desember 2020.

Bukan ular sungguhan. Ular raksasa tersebut merupakan instalasi seni yang dibuat oleh pengelola sebuah kebun binatang.

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1683/keliru-foto-seekor-ular-raksasa-melilit-sebuah-mobil-van?fbclid=IwAR0e6GRsbP_GR7z1oBGp-rIK7cEd8KalrFhHx93FEz9GKMUjAVkVmvUs0cc https://www.unilad.co.uk/news/giant-snake-prank-has-the-internet-in-panic-20220205 https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/03/31/084720182/hoaks-ular-raksasa-melilit-sebuah-mobil-van-putih?page=2

Publish date : 2022-04-04