[SALAH] Video Rusia Luncurkan Pertempuran kepada Ukraina

“Rusia meluncurkan pertempuran dengan Ukraina @WD10”

Beredar sebuah unggahan video berdurasi selama 5 menit yang diklaim sebagai penampakan pesawat tempur Rusia yang sedang menembaki Ukraina. Memperlihatkan suasana penembakan yang seolah sangat bertubu-tubi kemudian berhasil menarik perhatian masyarakat dan berhasil dibagikan sebanyak 7500 kali. Namun setelah dilakukan pemeriksaan terkait kebenaran video tersebut, ditemukan sebuah fakta yang dimaksud sebagai “Penampakan Pesawat Rusia menyerang Ukraina” merupakan informasi bohong atau hoaks. Video penampakan pesawat tempur itu ternyata bagian dari video game berjudul Arma 3. Melansir dari artikel fullfact.com, pengembang game, Bohemia Interactive, telah menyampaikan bahwa video tersebut adalah bagian dari video game Arma 3 yang telah dimodifikasi. Dalam sesi wawancara tersebut, juru bicara Bohemia Interactive juga menjelaskan bahwa sampai saat ini, telah banyak video dari Arma 3 atau dari video game lainnya, yang kemudian dikaitkan dengan perang antara Rusia dan Ukraina. Jadi dapat disimpulkan bahwa video yang diklaim sebagai penampakan pesawat tempur Rusia yang menyerang Ukraina, merupakan informasi hoaks kategori manipulated content atau konten yang telah dimanipulasi.

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli (Universitas Sumatera Utara) Faktanya video tersebut merupakan video dari cuplikan game yang telah dimodifikasi.

https://fullfact.org/online/video-game-ukraine-plane/ https://turnbackhoax.id/2022/03/06/salah-video-pertempuran-pesawat-ukraina-dan-pesawat-rusia/

Publish date : 2022-03-22