[SALAH] Kain Sarung Atlas Edisi Atlas Idaman Harmoni Bermotif Anjing

“Jelang Ramadhan, HATI-HATI jika beli Sarung Sholat ya”.

Beberapa waktu lalu sebuah akun Twitter bernama @ZeroDemoCRAZY membagikan sebuah video terkait adanya kain sarung bermotif anjing yang diproduksi oleh brand Sarung Atlas pada edisi Atlas Idaman Harmoni. Atas dasar tersebut, akun Twitter @ZeroDemoCRAZY mengimbau kepada umat muslim untuk berhati-hati saat membeli sarung karena dikhawatirkan ketika membeli ternyata sarung tersebut bermotif hewan. Namun melansir dari liputan6.com, Marketing Manager PT Behaestex, yaitu Nur Yahya menegaskan bahwa gambar yang ada pada sarung Atlas yang beredar di media sosial bukanlah gambar anjing, melainkan gambar Singo Mengkok, yaitu simbol singa yang sedang menahan nafsu dan tunduk (membungkuk) di hadapan Allah. Pendapat lain mengatakan, singa yang membungkuk sebagai simbol manusia kuat yang mampu menundukkan hawa nafsunya. Simbol tersebut juga banyak ditemukan pada berbagai kesenian di Lamongan. Selain itu, Nur Yahya juga menambahkan bahwa kain sarung dengan motif Singo Mengkok tersebut ialah pesanan khusus dari Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan, sehingga sarung dengan motif tersebut tidak diperjual belikan untuk masyarakat umum. Melansir dari akun Instagram resmi brand Sarung Atlas, @sarungatlas.official, bisa dipastikan bahwa sarung edisi Atlas Idaman Harmoni tidak memuat motif dengan gambar anjing sebagaimana informasi yang beredar. Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait kain Sarung Atlas edisi Atlas Idaman Harmoni bermotif anjing ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, Marketing Manager PT Behaestex, yaitu Nur Yahya menegaskan bahwa gambar yang ada pada sarung Atlas yang beredar di media sosial bukanlah gambar anjing, melainkan gambar Singo Mengkok.

https://www.liputan6.com/regional/read/4905823/hoaks-sarung-bergambar-anjing-viral-di-medsos-begini-faktanya https://www.instagram.com/p/CYIaDKMKByY/

Publish date : 2022-03-15