[SALAH] Ketika Dikejar Buaya Kita Harus Berlari Zigzag

“Ada yang pernah dikejar buaya ? . . Follow @faktamedia dan temukan informasi unik, menarik, dari seluruh dunia! faktamedia” Narasi dalam gambar: “Buaya memang pandai berlari, namun buaya tidak pandai untuk berbelok, jadi semisal kalian dikejar buaya , jangan lari lurus rapi larilah secara “Zig Zag”.”

Beredar sebuah unggahan foto di akun Instagram @fakta.media yang memuat sebuah anjuran untuk berlari zigzag apabila dikejar oleh buaya karena buaya tidak dapat berbelok meski pandai berlari. Dilansir Floridatoday.com, Gator Bill Robb seorang penjebak hewan profesional yang telah bekerja dengan hewan selama 30 tahun mengatakan apabila sedang dikejar buaya lalu berlari bolak-balik atau zig-zag justru akan memperpendek jarak dengan buaya. Dia menyarankan untuk mengangkat tangan agar terlihat besar lalu mundur. Apabila setelah melakukan hal tersebut buaya tidak mundur maka segera menjauhi buaya dan lari secepat mungkin dalam garis lurus. Selain itu melansir Sporcle.com, buaya tidak suka mengejar mangsa dengan berlari. Buaya lebih suka menunggu lalu menyergap mangsa. Kemudian kecepatan buaya berlari masih kurang cepat daripada manusia, buaya juga cenderung tidak dapat mempertahankan kecepatannya dalam waktu yang lama. Hal ini membuat manusia dapat mengungguli kecepatan lari buaya tanpa harus berlari zigzag. Dengan demikian, unggahan foto di akun Instagram @faktamedia merupakan informasi tidak benar dan dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo. Informasi yang beredar menyesatkan, berlari zigzag apabila dikejar buaya hanya akan memperpendek jarak dengan buaya. Disarankan untuk lari menjauhi buaya secepat mungkin.

https://www.sporcle.com/blog/2020/02/why-do-people-zig-zag-when-running-from-crocodiles/ https://www.floridatoday.com/story/news/local/environment/2018/06/15/alligator-facts/704655002/

Publish date : 2022-03-08