[SALAH] Video “Detik Detik Presiden Jokowi Tiba Kunjungi Kelahiran Baby Ameena”

Akun Facebook Atta Halilintar Unofficial 2 (fb.com/107775737688062) pada 3 Maret 2022 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan rombongan mobil dengan pengawalan dari polisi memasuki halaman sebuah rumah. Terlihat Atta yang sedang menyambut tamu di dalam rumahnya. Kemudian terdapat video Jokowi dan Ibu Iriana yang menghadiri sebuah acara dengan narasi sebagai berikut: “Detik Detik Presiden Jokowi Tiba Kunjungi Kelahiran Baby Ameena | Tamu Istimewa”

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi anak Atta Halilintar merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, Presiden Jokowi tidak mengunjungi anak Atta Halilintar. Video itu merupakan gabungan potongan video ketika Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjenguk Ameena anak Atta pada Februari 2022 dan video ketika Presiden Jokowi menghadiri pernikahan Atta dan Aurel pada April 2021. Video Ketua MPR RI, diunggah di kanal Youtube AH dengan judul “ATTA Diinfus Demi Baby AMEENA. didatengin ketua MPR Ri” pada 28 Februari 2022, sementara video Presiden Jokowi diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden dengan judul “Presiden Jokowi Hadiri Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Jakarta, 3 April 2021” pada 3 April 2021. Selain itu dilansir dari ANTARA, Deputi Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin mengatakan video tersebut hoaks. “Presiden Jokowi tidak mengunjungi anak Atta Halilintar. Mobilnya, rangkaian pengawalan juga beda,” kata Bey.

Presiden Jokowi tidak mengunjungi anak Atta Halilintar. Video itu merupakan gabungan potongan video ketika Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjenguk Ameena anak Atta pada Februari 2022 dan video ketika Presiden Jokowi menghadiri pernikahan Atta dan Aurel pada April 2021.

https://www.youtube.com/watch?v=CQPTdcwiHhA https://www.youtube.com/watch?v=ba-YOHDexGk https://www.antaranews.com/berita/2742989/hoaks-presiden-jokowi-kunjungi-putri-atta-halilintar-aurel-hermansyah

Publish date : 2022-03-08