[SALAH] Judul Berita Tribunnews “Peneliti Jepang Ingatkan Indonesia Bisa Berantakan Gara-gara Kadrun”

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Siti Julaikha di grup ” INDONESIA BERSUARA”, yang memposting sebuah gambar screenshot artikel berita dari Tribunnews berjudul “Peneliti Jepang Ingatkan Indonesia Bisa Berantakan Gara-gara Kadrun”. Dalam artikel tersebut juga disertai gambar peneliti Jepang bernama Masako Kuranishi.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, postingan tersebut adalah hoaks. Artikel aslinya berjudul “Peneliti Jepang Ingatkan Indonesia Bisa Berantakan Gara-gara China”, tayang pertama kali pada 25 November 2015 pukul 16:01. Gambar yang ditampilkan dalam artikelnya juga sama yakni seorang peneliti Jepang bernama Masako Kuranishi. Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Siti Julaikha adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR Hasil Editan. Judul asli dari artikel berita Tribunnews tersebut adalah “Peneliti Jepang Ingatkan Indonesia Bisa Berantakan Gara-gara China”, tayang pertama kali pada 25 November 2015 pukul 16.01.

https://www.google.com/amp/s/m.tribunnews.com/amp/internasional/2015/11/25/peneliti-jepang-ingatkan-indonesia-bisa-berantakan-gara-gara-china

Publish date : 2022-02-10