[SALAH] Kenaikan Air Laut Merupakan Hoax

“Rising sea levels are a hoax, folks: menunjukan gambar palm beach sydney 1917 dan 2016 ”

Akun Twitter@ColleenEldrach1 mengunggah sebuah gambar Palm Beach di Sydney pada tahun 1917 dan 2016 yang tidak ada perubahan sama sekali. Akun ini juga mencuit bahwa kenaikan air laut merupakan hoax. Menurut penelusuran yang dilakukan, perubahan permukaan laut terjadi karena pasang naik dan turun. Seberapa mirip level antara gambar yang diambil dalam beberapa tahun atau dekade tergantung pada jam berapa setiap gambar diambil kenaikan air laut berbeda-beda berdasarkan pasang surut air lait. Misal di sepanjang pantai yang halus dan lebar, air dapat menyebar ke area yang luas dan kisaran pasang surut mungkin sekitar beberapa sentimeter. Di area terbatas, seperti teluk atau teluk yang sempit dan berbatu, kisaran pasang surut bisa beberapa meter. Pasang surut terendah ditemukan di laut tertutup seperti Mediterania atau Baltik, dengan ketinggian sekitar satu kaki. Sementara itu dilansir dari indianexpress.com Biro Meteorologi Australia juga telah mengukur kenaikan permukaan laut. Badan tersebut mengeluarkan laporan tentang “Keadaan Iklim 2020” yang mencakup grafik khusus untuk Australia. Satu grafik menunjukkan tingkat kenaikan permukaan laut di sepanjang bagian yang berbeda dari Pantai Australia yang diukur dengan altimetri satelit dari 1993 hingga 2019. Garis pantai di dekat Sydney menunjukkan tingkat kenaikan tertinggi di Australia sekitar 3 inci per dekade. Dengan demikian jika mengacu kepada seluruh referensi, maka klaim bahwa kenaikan air laut merupakan hoax adalah informasi yang tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo. Klaim tersebut terdapat kekeliruan. Faktanya, kenaikan air laut benar adanya. Perubahan permukaan laut terjadi karena pasang naik dan turun. Seberapa mirip level antara gambar yang diambil dalam beberapa tahun atau dekade tergantung pada jam berapa setiap gambar diambil. Lalu menurut The Australian Bureau of Meteorology, garis pantai dekat Sydney menunjukkan beberapa tingkat kenaikan tertinggi di Australia, sekitar 3 inci per dekade yang mengartikan adanya perubahan kenaikan air laut di Australia.

https://leadstories.com/hoax-alert/2021/04/fact-check-historic-photos-of-sydneys-palm-beach-do-not-prove-climate-change-is-hoax.html https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/04/23/fact-check-water-level-photos-dont-disprove-climate-change/7333921002/

Publish date : 2022-02-07