[SALAH] Gambar “Sebut pemerintah biadab, Edy Mulyadi langsung dijemput paksa aparat”

Akun Facebook hiburan (fb.com/FansBaimFamily) pada 23 Januari 2022 mengunggah sebuah video dengan judul “BERITA VIRAL ~ gara2 mulut kotornya Edy Mulyadi berahir begini !!”. Di awal video, terdapat gambar yang memperlihatkan Edy Mulyadi mengenakan baju berwarna orange dengan tangan terborgol dan narasi “SUNGGUH KETERLALUAN SEBUT PEMERINTAH BIADAB EDY MULYADI LANGSUNG DIJEMPUT PAKSA APARAT”

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya gambar yang diklaim sebagai gambar Edy Mulyadi yang dijemput paksa oleh aparat karena menyebut pemerintah biadab merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, gambar itu merupakan gambar editan hasil manipulasi dari foto pelaku penganiayaan perawat yang bertugas di RS Siloam Palembang yang wajahnya diganti dengan wajah Edy Mulyadi. Foto yang asli, dimuat di artikel berjudul “Jason Sang Penganiayaan Perawat RS Siloam Palembang Diadili” yang terbit di situs smartizen.my.id pada Kamis, 10 Juni 2021. Foto ini diberi narasi “Terdakwa Jason Tjakrawinata Saat Dibawa Petugas Ke Sel Tahanan.”

Gambar editan hasil manipulasi dari foto pelaku penganiayaan perawat yang bertugas di RS Siloam Palembang yang wajahnya diganti dengan wajah Edy Mulyadi.

https://smartizen.my.id/smart-crime/jason-sang-penganiayaan-perawat-rs-siloam-palembang-diadili/

Publish date : 2022-01-25