[SALAH] Tes Warna Sepatu untuk Menentukan Sisi Otak yang Dominan

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia) “Warna apa yang kamu lihat?” NARASI DALAM GAMBAR: “Tes: Jika otak kiri dominan bekeria, maka kamu akan melihat sepatu ini berwarna abu-abu dan hijau. Namun jika otak kanan yang dominan, sepatu ini akan terlihat warna pink dan putih.”

Akun Instagram dengan nama pengguna “sekolahnesiaa” mengunggah sebuah tes viral yang menyatakan bahwa warna sepatu yang dilihat akan menentukan sisi otak yang dominan. Dalam unggahan tersebut, disebutkan jika seseorang melihat warna abu-abu dan hijau pada sepatu, maka sisi otak kiri yang dominan. Sedangkan, jika seseorang melihat warna pink dan putih, makan sisi otak kananlah yang dominan. Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa perbedaan warna sepatu yang dilihat oleh beberapa orang dapat menentukan sisi otak yang dominan. Melansir dari Reuters, seorang Profesor dari Departemen Psikologi dan Neurosains Universitas Illinois, Amerika Serikat, Kara Federmeier menjelaskan bahwa perbedaan warna sepatu yang dilihat disebabkan oleh perbedaan kondisi pencahayaan, sudut foto tersebut ketika dilihat, serta sistem persepsi visual masing-masing orang yang berbeda. Lebih lanjut, Federmeier juga menyatakan bahwa meskipun ada beberapa fungsi otak yang cenderung lebih sering terjadi di salah satu sisi, namun kedua sisi otak akan selalu menjalin koneksi agar dapat berfungsi dengan baik. Sangat kecil kemungkinan hanya salah satu sisi otak yang bekerja sendiri untuk memproses informasi yang masuk. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama pengguna “sekolahnesiaa” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa perbedaan warna sepatu yang dilihat oleh beberapa orang dapat menentukan sisi otak yang dominan.

https://www.verywellmind.com/left-brain-vs-right-brain-2795005 https://www.reuters.com/article/factcheck-sneaker-color-brain-idUSL1N2MJ1PA

Publish date : 2022-01-05