[SALAH] Foto Turun Hujan Deras saat Warga di Turki Salat Minta Hujan

“Turki…pernah terjadi kebakaran dahsyat di bulan Agustus 2021 pada sebagian wilayahny. Dan terjadi kekeringan shg cuaca sangat panas.Utk mengatasi hal itu..pres.Erdogan memerintahkan rakyatny utk shalat meminta hujan.Tetapi kaum sekuler dan libelaris sempat mentertawakan karena menurut ramalan cuaca..tdk akan ada hujan sampai 15hari ke depan. Akan tetapi Allah berkehendak lain..Sesaat sebelum shalat itu selesai..turunlah hujan yg sangat deras. Seperti yg tampak pd foto2 ini. Hikmah yg bisa kita petik adl.. Selalu menyandarkan pd kekuasaanNy..krn ketika Allah Ta ‘Ala berfirman…Kun Fayakun..tdk ada yg bisa menghalanginy..Allahu Akbar💖💕”

Akun Facebook Berth Berghie mengunggah video yang berisi beberapa foto dengan narasi bahwa terjadi kebakaran dahsyat di Turki bulan Agustus 2021 sehingga Presiden Erdogan memerintahkan warganya untuk salat meminta hujan. Saat warga Turki melakukan salat tersebut, hujan turun sangat lebat seperti yang ditampilkan pada video unggahan itu. Berdasarkan hasil penelusuran, foto-foto dalam video itu diambil saat warga Turki melakukan salat Jumat di tahun 2020. Dalam berita CNN Turki berjudul “Friday prayer with coronavirus precautions under heavy rain” terbit pada 19 Juni 2020 dijelaskan bahwa sejak dibukanya kembali masjid yang ditutup untuk ibadah berjamaah pada 16 Maret 2020 karena COVID-19, salat Jumat keempat digelar di banyak tempat di bawah hujan deras. Selain itu, mengutip dari portal berita Turki, Haber Dairesi, salat jumat itu dilakukan di beberapa masjid, termasuk di Masjid Hacı Bayram-ı Veli, Ankara. Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Facebook Berth Berghie dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia) Faktanya, foto-foto dalam video unggahan itu diambil saat salat Jumat yang dilakukan warga Turki tahun 2020 dan bukan untuk meminta hujan akibat kebakaran yang terjadi di Turki tahun 2021.

https://www.cnnturk.com/turkiye/saganak-yagmur-altinda-koronavirus-tedbirli-cuma-namazi?page=1 https://haberdairesi.com/guncel/koronavirus-tedbirli-dorduncu-cuma-namazi-saganak-yagmur-altinda-kilindi-25025h

Publish date : 2021-11-30