[SALAH] BPJS Berikan Bantuan Cek Rp 100 Juta

Beredar kembali di aplikasi percakapan dan media sosial pesan singkat berisi bantuan dana dari BPJS. Pesan singkat itu ramai lagi sejak beberapa waktu lalu. Salah satu yang membagikannya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 20 November 2021. Dalam unggahannya terdapat narasi sebagai berikut: "NASABAH Ythbpk/ibuKami dri BPJS Menyampaikan bahwa Anda terpilih mndptkan BANTUAN cek Rp 100jt untuk info WhatsApp 082397118699bit.ly/PENERIMA-BANTUAN2021" Selain itu terdapat juga unggahan lain di Facebook berisi narasi yang menjanjikan bantuan dengan nominal berbeda.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan pernah menulis artikel bantahan pada 8 Juni 2021 lalu. Artikel tersebut berjudul "Cek Fakta: Hoaks BPJS Kesehatan Bagikan Dana Bantuan Rp 37 Juta untuk Masyarakat" yang tayang di Liputan6.com. Dalam artikel tersebut terdapat penjelasan dari Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D., AAK. "BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan dana apapun seperti yang tertulis dalam sms atau chat WA tersebut. Informasi seputar BPJS Kesehatan bisa Anda akses di website dan media sosial resmi BPJS Kesehatan seperti di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan Tiktok, atau aplikasi mobile JKN," ujar Ali Ghufron. "Anda juga bisa menghubungi BPJS Kesehatan care center di 1500-400 jika membutuhkan informasi, melakukan pengaduan atau bahkan mengecek kebenaran informasi yang Anda terima. Berhati-hatilah terhadap berbagai macam modus penipuan," katanya menambahkan.

Pesan singkat yang mengklaim BPJS memberikan cek bantuan Rp 100 juta adalah hoaks.

https://www.instagram.com/p/CPpPMhZlnTN/ https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4716853/cek-fakta-hoaks-bpjs-berikan-bantuan-cek-rp-100-juta

Publish date : 2021-11-22