[SALAH] Video Bola Petir Melewati Rel Kereta Api

Sebuah akun Facebook bernama Shazia Zia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan kilatan listrik yang menyerupai bola sedang melintasi perlintasan kereta api dan menyambar sebuah tiang listrik. Dalam unggahannya, ia mengklaim bahwa hal tersebut merupakan fenomena listrik atmosfer yang berpotensi membahayakan.

Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan situs pencarian gambar Yandex, video asli tersebut mengarah pada akun Youtube bernama Andrei Trukhonovets. Video itu diunggah pada 27 Mei 2019. Judul dalam video itu adalah “Ball lightning near railway tracks [CGI]”. CGI sendiri merupakan singkatan dari Computer-Generated Imagery atau citra yang dihasilkan komputer. Terdapat penjelasan lokasi yang berada di Minsk Region di Belarus. Dalam deskripsi video Andrei juga menuliskan narasi sebagai berikut: “Aku berjalan melalui kereta api selama badai petir dan secara tidak sengaja mendengar suara berfrekuensi tinggi. Aku berbalik dan melihat bola biru mengambang di atas tanggul. Ok, jika Anda melihat melalui kebijakan Youtube saatnya untuk mengingatkan: Saya dengan ramah meminta Anda untuk tidak memuat ulang ini di mana saja tanpa izin saya. Jangan menjadi kanker dan menyebar metastasis dari jaringan sosial. Jika Anda sudah melakukan ini Anda memiliki dua pilihan: 1) hapus; 2) hubungi saya dan mungkin saya akan memungkinkan Anda untuk menyimpan upload dengan beberapa info tambahan dalam deskripsi. Bajak laut seperti Anda diperingatkan.” Berkat videonya tersebut, Andrei juga sempat diwawancara dalam kanal Youtube History pada 14 Januari 2021. Dalam wawancara itu, Andrei menjelaskan bahwa dirinya membuat video tersebut menggunakan komputer dengan software yang spesial, dan ia tidak menyangka bahwa video yang ia buat itu menjadi viral. Hingga kini, video di kanal Youtube Andrei Trukhonovets telah ditonton sebanyak 6 juta kali.

Video editan. Video tersebut merupakan hasil dari CGI (Computer Generated Imagery) yang dibuat oleh seorang Youtuber bernama Andrei Trukhonovets pada 27 Mei 2019 yang diunggah di kanal Youtubenya.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4707500/cek-fakta-hoaks-video-bola-petir-melintas-di-rel-kereta-api

Publish date : 2021-11-17