[SALAH] “Uang Pecahan Baru, Selembar 1 Juta”

“Uang pecahan 1jeti Hayyo!! Udah ada yg punya blom??” @TuanYudi Uang pecahan baru, selembar 1 juta??😱😱😱 #fyp #trending

Beredar video viral di media sosial Tiktok oleh akun bernama @TuanYudi. Ia membagikan sebuah video mengenai selembar pecahan uang dengan nominal 1.0, yang diklaim memiliki nilai sebanyak 1 juta. Videonya di-likes sebanyak 200 lebih pengguna Tiktok. Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim @TuanYudi adalah palsu. Bank Indonesia mengonfirmasi terkait beredarnya video selembar uang dengan nominal 1.0 bernilai 1 juta, bahwa uang tersebut tidak sah untuk digunakan sebagai transaksi jual beli. Lebih lanjut BI menegaskan uang tersebut bukan rupiah dan pihaknya tidak pernah mengeluarkan ataupun mengedarkan uang dengan nominal 1.0 tersebut. “Uang dalam video tersebut bukan merupakan uang rupiah dan bukan merupakan alat pembayaran yang sah,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono kepada CNBC Indonesia. Erwin menjelaskan, sesuai dengan UU No.7 tahun 2011 tentang Mata Uang, Rupiah memiliki ciri khusus yang tidak ada pada uang pecahan 1.0 tersebut. Menurutnya, uang tersebut adalah spesimen Perum Peruri atau contoh uang cetakan Peruri yang hanya untuk kepentingan internal. Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @TuanYudi adalah HOAX dan termasuk kategori Konteks yang Salah/FALSE CONTEXT.

Hasil Periksa Fakta Ani R Informasi Palsu. Bank Indonesia menegaskan bahwa uang pecahan 1.0 yang viral di Tiktok bukan Rupiah. Artinya uang tersebut bukan alat pembayaran sah di Indonesia. BI juga tidak pernah mengeluarkan uang dengan pecahan 1.0 tersebut.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210510121956-4-244595/bi-pastikan-uang-pecahan-10-bukan-rupiah-lalu-apa https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/wiken/read/2021/11/06/141000681/benarkah-ada-uang-pecahan-1.0-nilainya-rp-1-juta-ini-kata-bi

Publish date : 2021-11-09