[SALAH] Foto “Mencoba Helm Sepakbola Amerika tahun 1912”

Akun Twitter Classic Pics (@ClassicPixs) mengunggah foto disertai dengan narasi bahwa pria yang nampak dalam foto itu mencoba helm untuk sepakbola Amerika pada tahun 1912. Cuitan yang diunggah pada 10 Oktober 2021 mendapat atensi berupa 26 retweet, 161 suka, dan 3 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan itu ditemukan pada laman Wikimedia Commons dengan deskripsi bahwa dalam satu edisi majalah Flight tahun 1912, seorang penemu Inggris bernama W.T. Warren menemukan helm pelindung penerbangan. Helm tersebut sering diasosiasikan secara keliru sebagai helm sepakbola Amerika. Lebih lanjut, merujuk pada sebuah artikel berbahasa Jerman dalam situs Spigel, helm berlapis bulu kuda itu dilengkapi dengan sistem pegas baja untuk menyerap setiap benturan dan mengurangi resiko cedera kepala yang menjadi penyebab utama dalam kecelakaan pesawat. Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Classic Pics (@ClassicPixs) dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia) Faktanya, foto tersebut bukan pria yang mengenakan helm untuk sepakbola Amerika, melainkan seorang penemu asal Inggris bernama W.T. Warren saat mencoba helm pelindung penerbangan hasil karyanya tahun 1912.

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:1912_Warren_Safety_Helmet.jpg https://www.spiegel.de/geschichte/augenblick-mal-mit-dem-kopf-durch-die-wand-a-1083385.html

Publish date : 2021-10-29