[SALAH] Peserta Wawancara Pertamina Harus Membayar Biaya Akomodasi

Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang diklaim merupakan surat panggilan wawancara dari PT. Pertamina. Narasi dalam surat panggilan tersebut mengatakan bahwa peserta wawancara akan menerima biaya akomodasi dari PT. Pertamina berupa biaya transportasi, konsumsi dan penginapan. Namun, biaya tersebut akan menjadi beban peserta wawancara terlebih dahulu, kemudian akan diganti oleh PT. Pertamina.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Segala bentuk informasi mengenai pross rekrutmen PT. Pertamina hanya disampaikan melalui email dengan domain resmi milik Pertamina, yakni recruitment@pertamina.com. PT. Pertamina mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati terhadap informasi rekrutmen yang bersumber dari Pertamina. Dengan demikian, surat panggilan wawancara PT. Pertamina yang meminta peserta wawancara membayar biaya akomodasi tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori impostor content atau konten tiruan.

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro) Hal tersebut tidak benar. Informasi mengenai rekrutmen Pertamina hanya disampaikan melalui email domain resmi Pertamina yakni recruitment@pertamina.com.

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2eMYaN-anda-terima-surat-panggilan-tes-kerja-di-pertamina-cek-faktanya https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nbwXxGDk-cek-fakta-beredar-lagi-surat-panggilan-wawancara-pt-pertamina-tapi-peserta-harus-bayar-dulu-ini-faktanya

Publish date : 2021-10-28