[SALAH] Supporter Sepakbola Liga Jerman Membentuk Formasi Tulisan Rasulullah Untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad

Sebuah akun facebook bernama Essy mengunggah video yang memperlihatkan supporter sepakbola yang mengenakan jersey berwarna kuning di bagian tribun penonton membentuk tulisan ya habibi Ya Rasulallah untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam narasinya, kejadian tersebut dilakukan oleh supporter tim liga Jerman.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut merupakan konten keliru yang kembali beredar. FAKTANYA, video tersebut memang benar dilakukan oleh supporter sepak bola namun bukan tim liga Jerman melainkan tim liga Arab Saudi bernama Al Ittihad FC.

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal ‘Tala Al Badru’ Alayna’ yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah.

Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka.

Fans Al Ittihad melakukan aksi ini di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 20 Februari 2015 lalu. Saat itu Al Ittihad tengah menghadapi Al Shoalah pada laga lanjutan Liga Arab Saudi. Pada laga tersebut, Al Ittihad berhasil menang 3-2 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Informasi salah ini juga sudah pernah diverifikasi sebelumnya oleh website turnbackhoax.id pada 8 september 2019 dengan judul “[SALAH] “penonton Liga Jerman membuat ‘konfigurasi menghormati Rasulullah”.

Klaim yang salah. Faktanya, barisan penonton yang membentuk konfigurasi tulisan Nabi Muhammad itu bukanlah supporter sepakbola liga Jerman melainkan supprter sepakbola klub liga Arab Saudi, Al Ittihad FC pada februari 2015.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3722421/cek-fakta-suporter-klub-sepak-bola-jerman-borussia-dortmund-lantunkan-selawat

https://cekfakta.tempo.co/fakta/399/fakta-atau-hoaks-benarkah-penonton-liga-jerman-membuat-konfigurasi-tulisan-rasulullah-di-tribun-stadion.html

Publish date : 2021-10-21