[SALAH] Akun Facebook Bupati Jember Hendy Siswanto

Beredar akun Facebook Bupati Jember Hendy Siswanto menggunakan foto Bupati sebagai foto profil. Akun tersebut mengirimkan pesan melalui Messenger kepada pengguna Facebook. Setelah itu meminta nomor Whatsapp pengguna untuk dimintai kode verifikasi Whatsapp.

Berdasarkan hasil penelusuran, akun tersebut adalah palsu. Dilansir dari akun Instagram resmi Kominfo Jember, menuliskan agar berhati-hati dengan profil Facebook palsu Bupati Jember. Dimohon juga kepada seluruh masyarkat Jember untuk me-remove dan melaporkan serta memblokir akun tersebut. “Pengumuman Menindaklanjuti tersebarnya Akun Palsu ( Fake Account) yang mengatasnamakan Bupati Jember Hendy Siswanto, mohon berhati-hati dengan profil palsu tersebut. Semua perbuatan, tindakan, dan kata-kata yang berasal dari profil facebook palsu tersebut. Profil tersebut adalah palsu dan sama sekali bukan dari Bupati Jember. Dimohon juga kepada seluruh masyarakat Jember untuk membantu me-remove profil palsu ini jika ternyata ia sudah meng-add anda, juga mohon bantuannya untuk melaporkan dan mem-blockir profil ini, sebelumnya, atas perhatian dan kerjasama disampaikan Terima kasih. #wiswayahejemberbebashoax”, tulis di akun Instagram @kominfojember. Dengan demikian, akun Facebook dengan nama pengguna Hendy Siswanto tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

hasil periksa fakta Rahmah a n (UIN Sunan Ampel Surabaya). Akun tersebut adalah palsu, Kominfo Jember menuliskan bahwa akun Facebook itu sama sekali bukan dari Bupati Jember dan dimohon kepada seluruh masyarakat Jember untuk membantu melaporkan dan memblokir akun tersebut.

https://www.instagram.com/p/CUpj7PJpqoD/?utm_medium=copy_link https://www.instagram.com/p/CUpcrt6JfFM/?utm_medium=copy_link

Publish date : 2021-10-15