[SALAH] KPK temukan uang saat geledah rumah SBY

“KPK gerak Cepat Geledah Rumah SBY !! Akhirnya KPK Temukan Uang 177 Triliun”

Tengah marak beredar di media sosial sebuah video yang diduga berisi pergerakan KPK saat menggeledah rumah SBY, video tersebut juga mengklaim bahwa KPK menemukan uang sejumlah 117 triliun saat melakukan penggeledahan tersebut. Setelah dilakukan penelusuran, rupanya klaim tersebut tidak benar. Video yang diunggah oleh kanal YouTube dengan nama Roda Politik tersebut hanya berisi pernyataan SBY pada beberapa momen. Salah satu cuplikan dalam video tersebut berisi pernyataan saat SBY singgung pemberitaan Asia sentinel. Selain berisi pernyataan SBY, video tersebut juga berisi cuplikan pernyataan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo terkait permintaannya kepada KPK agar segera menyelesaikan kasus Century. Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook terkait KPK menggeledah rumah SBY tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten palsu.

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk). Video tersebut hanya berisi pernyataan SBY pada beberapa momen.

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-video-sebut-rumah-sby-digeledah-kpk.html https://cekfakta.tempo.co/fakta/1489/keliru-kpk-geledah-rumah-sby-dan-temukan-uang-rp-177-triliun

Publish date : 2021-09-19