[SALAH] Foto Jokowi Membaca Buku “SBY SELALU MANGKRAK”

“SETIAP LIHAT SI MANGKRAK.. PAKDE SEDIKIT PUSING..”

Akun Facebook Antoni Simboon yang juga menandai beberapa pengguna Facebook lainnya mengunggah sebuah foto pada (9/8/2021) yang menunjukkan Presiden Joko Widodo tengah membaca buku berjudul “SBY SELALU MANGKRAK”. Unggahan tersebut juga disertai keterangan yang berbunyi “setiap lihat si mangkrak, pakde sedikit pusing, dan mendapat respon warganet sebanyak. Setelah dilakukan penelusuran, foto tersebut merupakan hasil suntingan. Foto yang sesungguhnya merupakan foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang membaca komik “Si Juki”. Melansir dari berbagai liputan6.com, foto tersebut diambil ketika Jokowi tengah membaca komik si Juki dalam perjalanan dari Jakarta menuju ke Semarang pada tahun 2016 lalu. Foto asli Jokowi juga terdapat pada artikel di media online seperti Viva, Tribunnews, dan berbagai media lainnya. Dalam laman turnbackhoax.id, hoaks serupa pernah ditemukan dan telah dibuat artikel periksa faktanya berjudul “[SALAH] Gambar Jokowi Membaca Komik Doraemon” maupun dengan judul “[SALAH] Foto Jokowi Membaca Buku “Das Kapital””. Dengan demikian, foto Jokowi membaca buku “SBY SELALU MANGKRAK” dapat dikategorikan sebagai satire atau parodi.

Hasil periksa fakta Rahmah an nisaa (UIN Sunan Ampel Surabaya). Faktanya, foto hasil suntingan. Foto asli merupakan foto Jokowi yang sedang membaca komik si Juki dalam perjalanan dari Jakarta menuju ke Semarang pada tahun 2016 lalu.

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2534775/komiknya-dibaca-presiden-jokowi-faza-terkejut https://www.viva.co.id/arsip/787007-komiknya-digemari-jokowi-ini-kata-pengarang-si-juki https://m.tribunnews.com/metropolitan/2016/10/26/foto-presiden-jokowi-berkerut-saat-baca-komik-jadi-viral-begini-kisahnya https://turnbackhoax.id/2021/04/15/salah-gambar-jokowi-membaca-komik-doraemon/ https://turnbackhoax.id/2021/06/16/salah-foto-jokowi-membaca-buku-das-kapital/

Publish date : 2021-08-24