[SALAH] “Formulir Pendaftaran Pertanahan Dalam Rangka PTSI”

“Formulir Pendaftaran Pertanahan Dalam Rangka PTSI”

Telah beredar di media sosial Facebook terkait formulir pendaftaran pertanahan dalam rangka Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Form tersebut meminta beberapa data pribadi pendaftar misalnya Nama Lengkap, NIK maupun nomor telepon. Modus tersebut lebih dikenal dengan istilah Phishing yang meminta data pribadi. Setelah dilakukan penelusuran, nyatanya form yang beredar tersebut tidak benar adanya, sebagaimana informasi tersebut yang dibantah oleh pihak Kementrian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia melalui akun resminya kementrian.atrbpn. Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook terkait formulir pendaftaran pertanahan tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten tiruan.

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk). Informasi tersebut tidak benar, sebagaimana hasil klarifikasi yang dilakukan oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia.

http://infopublik.id/kategori/cek-fakta/514349/cek-fakta-formulir-pendaftaran-pertanahan-dalam-rangka-ptsl https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-link-pendaftaran-sertifikat-tanah-melalui-program-ptsl.html https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/money/read/2021/02/27/110843026/beredar-hoax-pendaftaran-sertifikat-tanah-lewat-program-ptsl-bpn

Publish date : 2021-03-31