[SALAH] Mahfud MD: Pelaku Bom Gereja Katedra Makassar 3 Oknum Polisi Suku Batak, Hobi Mabuk Miras, Beragama Protestan, Yang Sakit Hati Karena Dipecat

“Mahfud MD: Pelaku Bom Gereja Katedra Makassar 3 Oknum Polisi Suku Batak, hobi Mabuk Miras, Beragama Protestan, Yang Sakit Hati Karena Dipecat”.

Sebuah akun facebook bernama Hasbywwcom Adi mengunggah tangkapan layar berupa artikel kompas.com berjudul “Mahfud MD: Pelaku Bom Gereja Katedra Makassar 3 Oknum Polisi Suku Batak, hobi Mabuk Miras, Beragama Protestan, Yang Sakit Hati Karena Dipecat”. Dalam artikel tersebut tertanggal 28 maret 2021 pukul 11.45. Berdasarkan hasil penelusuran, setelah dilakukan penelusuran melalui index berita kompas.com berdasarkan keterangan tanggal dan jam, tidak ditemukan artikel dengan tampilan sampul serta judul seperti demikian. Terdapat beberapa artikel kompas.com pada tanggal 28 maret 2021 yang menampilkan statement dari Mahfud MD terkait peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Makassar, namun tidak terdapat pernyatan Mahfud MD seperti pada judul tangkapan layar akun facebook Hasbywwcom Adi. Sementara foto Mahfud MD dalam tangkapan layar tersebut setelah ditelusuri menggunakan google image, ditemukan beberapa artikel dari media massa yang menggunakan foto tersebut dan merupakan foto dari dokumen Humas Kemenko Polhukam. Mengutip dari detik.com, Faktanya kedua pelaku pengeboman di Katedral Makassar merupakan pasangan suami istri berinisial L (suami) dan YSF (istri). keduanya tertangkap kamera berboncengan sepeda motor sebelum meladakkan diri.

Tangkapan layar palsu. berdasarkan penelusuran melalui index berita kompas.com pada tanggal dan jam yang tertera pada tangkapan layar tidak terdapat pemberitaan seperti itu.

https://indeks.kompas.com/?site=nasional&date=2021-03-28&page=3 https://news.detik.com/berita/d-5513167/10-fakta-pengantin-baru-pelaku-bom-bunuh-diri-makassar-di-depan-gereja/1

Publish date : 2021-03-30