[SALAH] Video “Kuala lumpur pagi tadi ,melawan arogansi cina..”

“Kuala lumpur pagi tadi ,melawan arogansi cina..”

Akun Facebook Ryan Syarifudin mengunggah sebuah video aksi unjuk rasa dan disertai narasi yang mengklaim aksi unjuk rasa itu terjadi pada 19 Maret 2021 di Kuala Lumpur, Malaysia untuk melawan arogansi China. Unggahan tersebut telah mendapat 40 komentar dan telah dibagikan sebanyak 81 kali oleh pengguna Facebook lainnya. Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan video serupa di kanal Youtube muQabuqu yang berjudul “lautan putih memenuhi perhimpunan bantah ICERD” yang diunggah pada 8 Desember 2018. Ditelusuri lebih lanjut, aksi unjuk rasa itu dilakukan warga Malaysia untuk memprotes rencana ratifikasi pemerintah atas Konvensi Internasional tentang International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination (ICERD) atau Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial. ICERD merupakan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengutuk diskriminasi dan menyerukan kepada negara-negara untuk membuat kebijakan penghapusan diskriminasi rasial dalam berbagai bentuk. Dengan demikian, klaim video unjuk rasa di Kuala Lumpur, Malaysia untuk melawan arogansi China adalah tidak benar dan termasuk dalam konten yang salah.

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta). Faktanya, aksi unjuk rasa itu dilakukan warga Malaysia untuk memprotes rencana ratifikasi pemerintah atas Konvensi Internasional tentang International Convention on the Elimination of All Forms of Racial Discrimination (ICERD) atau Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4511168/cek-fakta-viral-video-unjuk-rasa-di-kuala-lumpur-melawan-arogansi-china-benarkah https://www.liputan6.com/global/read/3802271/ribuan-orang-berunjuk-rasa-di-malaysia-tolak-penghapusan-diskriminasi-rasial https://tirto.id/icerd-konvensi-penghapusan-diskriminasi-yang-ditolak-malaysia-dbFC

Publish date : 2021-03-21