[SALAH] Tautan Alfamart Bagikan Gift Card Senilai Rp800.000

“Selamat! ANDA TELAH DIPILIH UNTUK MEMILIKI KESEMPATAN MENANGKAN KARTU HADIAH ALFAMART GRATIS BERHARGA Rp 800.000 Batas waktu acara: 31 Maret 2021”

Telah beredar tautan mengatasnamakan Alfamart yang membagikan kartu hadiah gratis sebesar Rp800.000 sampai 31 Maret 2021. Untuk mendapatkan hadiah tersebut, calon pemenang diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan. Berdasarkan hasil penelusuran, tautan tersebut merupakan hoaks lama yang telah dimodifikasi dengan klaim yang berbeda. Mengutip dari Kompas, Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman membantah adanya kuis atau kegiatan survei dengan imbalan hadiah berupa voucher belanja yang diadakan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pemilik jaringan toko Alfamart. “Kami mohon masyarakat waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah ataupun voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami,” kata Nur kepada Kompas.com, Sabtu (5/12/2020). Ia juga menginformasikan, semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.co.id, akun media sosial Facebook www.facebook.com/alfamartku, Instagram www.instagram.com/afamart, dan Twitter www.twitter.com/alfamart. Informasi serupa terkait pembagian hadiah yang dilakukan Alfamart sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] “Perayaan ulang tahun, Alfamart menawarkan Voucher Rp 800.000 untuk semua orang”. Dari berbagai fakta yang telah dijabarkan, tautan Alfamart bagikan kartu hadiah dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia) Faktanya, tautan tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar dan telah dikonfirmasi oleh pihak Alfamart.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/06/073000965/-hoaks-alfamart-bagi-bagi-voucher-rp-800.000-

Publish date : 2021-03-14