[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Malang “Sutiaji Sutiaji”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 13/03/2021

Berita

“Akun Facebook Wali Kota Malang “Sutiaji Sutiaji”

Hasil Cek Fakta

Beredar akun Facebook dengan nama “Sutiaji”. Akun tersebut memakai foto profil Sutiaji memakai peci NU.

Setelah ditelusuri, akun tersebut palsu. Sutiaji mengatakan bahwa ia sudah tidak menggunakan akun media sosial Facebook selama kurang lebih 3 tahun. Sutiaji merasa dirugikan dengan adanya akun yang mengatasnamakan dirinya.

“Saya sudah lama tidak menggunakan Facebook. Sudah kurang lebih tiga tahun. Tiba-tiba ada yang menggunakan akun facebook tersebut, padahal sudah off,” ujar Sutiaji pada Jumat (5/3/2021) dilansir dari nusadaily.com.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Nur Widianto juga menambahkan bahwa akun tersebut palsu. Belum ada langkah proses hukum. Saat ini, pihak Kominfo ingin membangun kesadaran dan literasi kepada masyarakat.

Dengan demikian, akun Facebook bernama Sutiaji Sutuaji adalah palsu. Sutiaji hanya memiliki akun Instagram (@sam.sutiaji) dan YouTube “Sam Sutiaji” sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten tiruan.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Nur Widianto dan Sutiaji mengonfirmasi melalui akun Instagram Pemkot Malang bahwa akun tersebut palsu. Wali Kota Malang Sutiaji memiliki akun Instagram (@sam.sutiaji) dan akun YouTube “Sam Sutiaji”.

Rujukan

  • Mafindo
  • 1 media telah memverifikasi klaim ini