[SALAH] Instagram Membatasi Jangkauan Foto Unggahan Pengguna Menjadi 7% dari Pengikut

Akun Instagram Amanda Ensing (@amandaensing) mengunggah foto yang di dalamnya tertulis narasi bahwa Instagram telah membatasi unggahan yang hanya dapat dilihat tidak lebih 7% pengikut. Ia juga meminta kepada pengikutnya untuk memberikan komentar “Yes” dan like jika melihat unggahannya untuk meningkatkan jangkauan. Unggahan tersebut telah mendapatkan atensi sebanyak 38.190 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, Instagram membantah adanya pembatasan seperti yang diklaim pada unggahan tersebut. Instagram pernah memberikan klarifikasi terkait isu yang sama melalui akun Twitter resminya pada Januari 2019. “Kami melihat peningkatan pada unggahan tentang Instagram yang membatasi jangkauan foto Anda menjadi 7% dari pengikut Anda, dan kami akan dengan senang hati menjelaskannya,” cuit Instagram. “Apa yang muncul pertama kali di feed Anda ditentukan oleh unggahan dan akun apa yang paling sering berinteraksi dengan Anda, serta faktor lain yang berkontribusi seperti ketepatan waktu unggahan, seberapa sering Anda menggunakan Instagram, berapa banyak orang yang Anda ikuti, dll,” tambahnya. Meskipun Instagram telah mengonfirmasi isu pembatasan itu sejak 2 tahun yang lalu, mengikutip dari Politifact, informasi tersebut masih berlaku berdasarkan apa yang disampaikan Instagram pada media tersebut. Dari berbagai fakta yang telah dijelaskan, unggahan akun Instagram Amanda Ensing (@amandaensing) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

Faktanya, Instagram membantah adanya pembatasan jumlah pengikut yang dapat melihat unggahan penggunanya. Selengkapnya di bagian penjelasan.

https://www.politifact.com/factchecks/2021/mar/02/viral-image/no-instagram-isnt-limiting-your-posts/

Publish date : 2021-03-04