[SALAH] Demonstrasi Memprotes Kebijakan Covid-19 di Romania

Pengguna Facebook Scott Young mengunggah sebuah foto (19/2) yang menunjukkan aksi demonstrasi yang sedang berlangsung. Unggahan tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa demonstrasi tersebut terjadi di Romania dan bertujuan untuk memprotes kebijakan Covid-19 yang diterapkan oleh pemerintah setempat.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto demonstrasi yang dilaksanakan guna memprotes kebijakan Covid-19 yang diterapkan oleh pemerintah Romania, melainkan foto demonstrasi anti-korupsi di Bukares, Romania pada Februari 2017 yang lalu. Foto yang sama pertama kali diunggah oleh Koert Debeuf, seorang politisi Belgia, melalui akun Twitter resminya, koertdebeuf, pada 6 Februari 2017 waktu setempat. Informasi dengan topik serupa juga telah dimuat dalam situs Reuters dengan judul artikel “Fact check: Photo of Massive Protest in Romania is Four Years Old and Unrelated to COVID-19 Restrictions” dan mengkategorikannya sebagai ‘mislabeled’. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook Scott Young tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-2017-bucharest-protests-not/fact-check-photo-of-massive-protest-in-romania-is-four-years-old-and-unrelated-to-covid-19-restrictions-idUSKBN2AM286 https://twitter.com/koertdebeuf/status/828375263226449922

Publish date : 2021-02-26