[SALAH] Foto Pendaratan di Bulan dari Deep Web

“Leaked government photo from the Deep Web exposes the fake moon landing.. 😨😨 This photo is banned! #greenscreen #conspiracytheory #moonlanding #fyp #foryoupage #f #fy #scary #banned #government #wakeup #epstein” Terjemahan: “Foto pemerintah yang bocor dari Deep Web memperlihatkan pendaratan di bulan palsu .. 😨😨 Foto ini dilarang! #greenscreen #conspiracytheory #moonlanding #fyp #foryoupage #f #fy #scary #banned #government #wakeup #epstein”

Akun TikTok Casey (cursedhome) mengunggah video yang di dalamnya terdapat foto hitam putih seorang pria berjas berjalan seperti di atas bulan dengan narasi bahwa foto pemerintah tersebut bocor dari Deep Web dan dilarang. Foto tersebut mendapat reaksi sebanyak 73.9 rb suka, 2.267 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 3003 kali. Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan foto pemerintah dari Deep Web dan dilarang. Ditemukan foto yang sama pada situs Flickr dengan judul “Wernher von Braun in the Apollo 11 First Moon Landing exhibition, Atlanta, September 25, 1969”. Menurut keterangan, foto itu diatribusikan kepada kantor berita United Press International (UPI) dengan narasi sebagai berikut. “Dr., one of the leaders in America’s space flight program, took a walk on the moon. Dr. Von Braun strolled through an exact replica of the Apollo 11 moon landing mission after officially opening the exhibition at Atlanta’s South eastern Fair.” “Dr., salah satu pemimpin program penerbangan luar angkasa Amerika, berjalan-jalan di bulan. Dr. Von Braun menelusuri replika yang tepat dari misi pendaratan di bulan Apollo 11 setelah secara resmi membuka pameran di Pameran Tenggara Atlanta.” Selain itu, foto yang sama juga pernah diunggah oleh akun Twitter Chasing The Moon: The Book (@ChasingMoonBk) pada 25 September 2019 dengan narasi “25 September 1969: Wernher von Braun berjalan-jalan di lokasi simulasi pendaratan di bulan Apollo 11 di Southeastern Fair Atlanta.” Dengan demikian, unggahan akun TikTok Casey (cursedhome) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah karena foto tersebut bukan foto pemerintah dari Deep Web yang dilarang. Foto Dr. Von Braun itu diatribusikan kepada kantor berita United Press International (UPI) dan dapat ditemukan di berbagai situs di Internet.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia) Narasi yang salah. Faktanya, foto tersebut bukan foto pemerintah dari Deep Web yang dilarang. Foto Dr. Von Braun itu diatribusikan kepada kantor berita United Press International (UPI) dan dapat ditemukan di berbagai situs di Internet.

https://twitter.com/ChasingMoonBk/status/1176827626176045056

Publish date : 2020-12-12