[SALAH] “Amplop Berjalan Ketangkap Lagi di Medan”

“Amplop berjalan ketangkap lagi dimedan, waduh ambisa amat karbitan yg mau duduk sampai sampai mengorbankan orang untuk kepentingannya”

Akun Facebook bernama Adek Novri mengunggah video di grup Facebook ‘INI MEDAN BUNG’ menampilkan penangkapan seorang pria yang diduga melakukan praktik money politic pada 06 Desember 2020 dan menyebutkan peristiwa tersebut terjadi di Medan. Dari hasil penelusuran diketahui peristiwa tersebut bukan terjadi di Medan, melainkan di Berau, Kalimantan Timur. Video serupa diunggah oleh kanal YouTube ‘bnewstv beraunews’ pada tanggal 03 Desember 2020 dengan judul “Bukan Money Politics, Hanya Uang Pelatihan Saksi, Benarkah? (Kawal Dugaan Money Politik, Episode 1)”. Dalam video disebutkan peristiwa tersebut terjadi di Berau, Kalimantan Timur. Pembawa acara juga sempat melakukan sesi wawancara dengan Komisioner Bawaslu Berau, Tamjidillah Noor perihal maraknya video money politic yang tersebar di dunia maya. Sementara itu Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap juga membenarkan video yang beredar terjadi di Berau, Kalimantan Timur. “Kejadian itu bukan di Medan, tapi di Berau Kalimantan. Setelah itu saya langsung menghubungi Bawaslu Kabupaten Berau, mereka membenarkan kalau masalah itu terjadi di wilayahnya. Jadi saya tegaskan itu bukan di Medan ” dilansir dari rmolsumut.id pada 07 Desember 2020. Lebih lanjut Payung mengimbau pada masyarakat agar tidak mudah percaya pada informasi hoaks terkait Pilkada Medan. Dari penelusuran di atas, klaim yang menyebutkan video penangkapan oknum diduga pelaku money politic terjadi di Medan masuk kategori Konten yang Salah.

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia). Informasi yang salah. Peristiwa tersebut bukan di Medan, namun terjadi di Berau, Kalimantan Timur. Ketua Bawaslu Medan memastikan video yang beredar bukan terjadi di daerahnya.

https://youtu.be/J4S8d1xHgNE https://www.rmolsumut.id/bawaslu-medan-video-bagi-uang-pilkada-medan-di-medsos-hoax https://kitakini.news/70948/masuk-masa-tenang-pilkada-medan-video-hoax-money-politics-beredar-di-medsos/ https://kumparan.com/sumutnews/masuk-masa-tenang-pilkada-medan-video-bagi-bagi-uang-beredar-di-medsos-1ujZws8NYai

Publish date : 2020-12-07