[SALAH] Gratis Langganan Netflix Selama Satu Tahun karena Pandemi Covid-19

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia) “Karena pandemi CoronaVirus yang terjadi, Netflix memberikan akses langganan gratis selama masa isolasi. Segera kunjungi situs di bawah ini sebelum kehabisan! https:// netflix-usa. net/? free-isolation-period”

Telah beredar pesan di WhatsApp bahwa Netflix memberikan akses langganan gratis selama masa isolasi Covid-19. Dalam pesan tersebut, juga disertakan sebuah tautan untuk mengaktivasi akses tersebut. Jika tautan tersebut dibuka, maka pengunjung situs akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Setelah seluruh pertanyaan dijawab, pengunjung diminta untuk mengirimkan tautan tersebut ke 10 orang yang ada di kontak WhatsApp pengguna sebelum pada akhirnya dapat mengaktivasi akses langganan gratis Netflix. Melansir dari Business Insider, seorang juru bicara Netflix telah menegaskan bahwa Netflix tidak pernah memberikan penawaran langganan gratis karena pandemi Covid-19. Perwakilan Netflix juga menyatakan bahwa sejak bulan Oktober 2020, Netflix sudah tidak lagi menyediakan percobaan gratis langganan bagi pengguna baru. Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Snopes dengan judul artikel ‘Is Netflix Giving Away Free 1-Year Subscriptions Due to COVID-19?’ dan mengategorikannya sebagai scam. Dengan demikian, pesan yang beredar di WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro). Informasi yang salah. Faktanya, Netflix tidak pernah memberikan penawaran tersebut. Sejak bulan Oktober 2020 yang lalu, Netflix sudah tidak menyediakan percobaan gratis langganan untuk pengguna baru.

https://www.snopes.com/fact-check/netflix-scam/ https://help.netflix.com/en/node/65674 https://www.businessinsider.com/false-messages-claim-netflix-offering-free-passes-fake-scam-2020-3?r=US&IR=T https://turnbackhoax.id/2020/04/03/salah-gratis-layanan-netflix-selama-tiga-bulan-karena-kerja-dari-rumah/ https://thenextweb.com/corona/2020/03/24/netflix-coronavirus-free-subscription-scam/

Publish date : 2020-12-07