[SALAH] Video Siaran CNN Menyatakan Trump Akan Menangkan Pilpres AS

“WATCH THE SAME CNN THAT PROJECTED BIDEN A WINNER THE SAME CNN IS NOW SAYING THAT TRUMP WILL WIN! SO IF GOD SAYS IT WHO CAN COME AGAINST IT” Narasi dalam bahasa Indonesia: “MENONTON CNN YANG MEMPERKIRAKAN BIDEN PEMENANG CNN YANG SAMA SEKARANG MENGATAKAN TRUMP AKAN MENANG! JADI JIKA TUHAN BERKEHENDAK SIAPA YANG BISA MELAWANNYA”

Akun Facebook Gracee TV NetWork mengunggah video siaran CNN yang dibawakan oleh Fareed Zakaria dengan narasi menyebutkan siaran tersebut menyatakan Trump akan memenangkan pilpres Amerika Serikat. Unggahan yang diunggah pada 28 November 2020 mendapat respon sebanyak 4.1 ribu reaksi, 1.1 ribu, dan telah dibagikan sebanyak 2.5 ribu kali. Berdasarkan hasil penelusuran, video unggahan tersebut adalah video potongan dari siaran CNN pada 28 September 2020 sebelum pilpres AS digelar. Dalam siaran yang dibawakan oleh Fareed Zakaria, ia menjelaskan adanya kemungkinan kekalahan dan kemenangan Trump dalam pilpres AS di bulan November dengan menampilkan “jalur potensial menuju kemenangan Trump”. Ia tidak menyebutkan Trump akan menang dalam pilpres AS. Dengan demikian, unggahan akun Facebook Gracee TV Network dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan karena dalam siaran CNN yang dibawakan oleh Fareed Zakaria, ia tidak menyebutkan Trump akan memenangkan pilpres AS.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia) Narasi yang salah. Faktanya, siaran CNN yang dibawakan oleh Fareed Zakaria pada 28 September 2020 menjelaskan adanya kemungkinan kekalahan dan kemenangan Trump dalam pilpres AS di bulan November dan tidak menyebutkan Trump akan menang dalam pilpres AS.

https://www.politifact.com/factchecks/2020/nov/30/facebook-posts/no-cnn-isnt-saying-trump-will-win-presidential-ele/

Publish date : 2020-12-02