[SALAH] Nike Bagi-Bagi Ribuan Sepatu dan Masker

Beredar informasi di WhatsApp Group yang menyebut salah satu perusahaan sepatu ternama, Nike, merayakan ulang tahun. Informasi itu mengklaim Nike membagikan ribuan sepatu dan masker secara gratis. Klaim Nike bagi-bagi sepatu ini beredar pada Minggu (29/11/2020) pagi WIB. Klaim yang beredar itu juga membagikan sebuah link untuk mendapatkan sepatu secara gratis. Berikut narasinya: "WOW! 🎉Perayaan ulang tahun Nike🎉 Nike menawarkan 3100 Sepatu, T-shirt dan Masker Gratis untuk semua orang Menerima instruksi: 1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi sekali 2. Kuantitas terbatas, pertama datang pertama kali 3. Kegiatan Kesejahteraan tidak memerlukan biaya apapun Dapatkan milikmu di sini GRATIS https://svip005.top/j/?c=nk"

Untuk memastikan kebenaran klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Sports Marketing PT Nike Indonesia, Rawindra Ditya. Dia membantah Nike membuat program tersebut. "Tidak ada (program) yang kami buat seperti itu. Yang pasti, itu bukan dari Nike," kata Rawindra Ditya membalas pertanyaan Cek Fakta Liputan6.com melalui pesan singkat. Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri klaim Nike bagi-bagi sepatu melalui mesin pencari, Google Search. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Cyber Print dengan artikel berjudul: "FAKE NIKE WEBSITE STEALS DATA AND IS MASSIVELY SHARED THROUGH WHATSAPP". Disebutkan dalam artikel tersebut, klaim yang menyebut Nike bagi-bagi sepatu untuk merayakan ulang tahun sudah ada sejak awal tahun 2018. Cyber Print juga menyebut klaim ini akan mencuri data pribadi orang yang mengklik tautan yang tercantum. Aksi pencurian data ini akan menyebabkan reputasi seseorang menjadi rusak karena bisa digunakan untuk tindak kejahatan. Terlebih domain yang digunakan tidak mengarah ke situs asli Nike, yakni https://www.nike.com. Biasanya, menurut artikel di Cyber Print, klaim Nike bagi-bagi sepatu di hari ulang tahun akan menggunakan domain hxxp: // www [dot] xn - ike-h5y [dot] com / gratis-schoenen /. Domain itu akan mengarahkan Anda untuk mengisi data pribadi yang bisa dicuri.

Klaim yang menyebut Nike bagi-bagi ribuan sepatu dan masker adalah informasi yang hoaks. Sebab, pihak Nike Indonesia tidak membuat program seperti itu.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4420731/cek-fakta-hoaks-nike-bagi-bagi-ribuan-sepatu-dan-masker-ini-buktinya

Publish date : 2020-11-30