[SALAH] Sampul Majalah Hidayah “SESEORANG PRIA BERWAJAH GOSONG MENDADAK MATI MENDENGAR KEPULANGAN HABIB RIZIEQ”

“Alhamdulillah”

Akun Facebook Budi Zulfikri Tanjung III mengunggah sebuah gambar sampul majalah Hidayah dengan judul “Seorang Pria Berwajah Gosong Mendadak Mati mendengar Kepulangan Habieb Riziq” pada 9/11/2020. Dalam gambar sampul majalah hidayah tersebut, tampak seorang pria tergeletak di kasur mengerang kesakitan. Orang-orang di sekitanya tampak mendoakan pria tersebut. Unggahan tersebut disertai narasi “Alhamulillah” dan unggahan itu sudah dibagikan sebanyak 12 kali oleh pengguna facebook lainnya. Berdasarkan hasil penelusuran, gambar tersebut adalah hasil suntingan/editan. Gambar asli ditemukan pada toko online shop di marketplace Tokopedia dengan nama produk “HOT SALE Majalah Hidayah Limited Edition 2”. Gambar asli sampul majalah Hidayah tersebut berjudul “Liputan Khusus Tren Ruqyah di Tengah Masyarakat Modern” dan “Mulut Keluarkan Api menjelang Ajal”. Dengan demikian, gambar sampul majalah Hidayah pada unggahan Budi Zulfikri Tanjung III adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta). Gambar hasil suntingan/editan. Gambar asli sampul majalah Hidayah tersebut berjudul “Liputan Khusus Tren Ruqyah di Tengah Masyarakat Modern” dan “Mulut Keluarkan Api menjelang Ajal”.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4406592/cek-fakta-tidak-benar-sampul-majalah-hidayah-bahas-kepulangan-rizieq-shihab https://www.tokopedia.com/purwandiniarisu/hot-sale-majalah-hidayah-limited-edition-2

Publish date : 2020-11-14