[SALAH] Surat Pemberitahuan Pemadaman Listrik di Wilayah Bogor oleh PLN

Narasi unggahan: “Pemberitahuan buat besok kabupaten bogor tnggal 4 & 5 ada pemadaman listrik..mohon buat skrg guna baik2..buat cass hp..isi air yg banyak..ini surat edaran nya..” Narasi surat: “Sehubungan dengan adanya Pelaksanaan Perbaikan jaringan 20 KV serta Pemulihan Gardu Listrik Travo Unit G.I Maka Kami berencana melakukan Pemadaman Aliran Listrik Secara Bertahap pada setiap wilayah pada: Hari/Tanggal : Rabu dan Kamis 04 dan 05 November 2020 Pukul : 08.45 s.d 19.45 WIB (Sampai dengan selesai) Area Padam : JL.Ry Dramaga / Ciampea /Cibanteng/IPB Jl. Encep Nawai Cifor Bubulak Ciomas Jl. Sndg Barang Gardu Penyulang : A18,A19,A21,A23,A24,Q11,Q14,Q24,Q25,Q27,P23,P24,P25 Pelaksana : PT. haleyora Power Indonesia Pengawas PLN : Budi Heryanto, ST .Psw. Ops. PLN UP3 Bogor. Terkait dengan hal tersebut diatas maka kami berharap saudara mempersiapkan segala sesuatunya. Kemudian Untuk Pelanggan Prioritas. Kami siap membantu dalam bentuk Unit Genset untuk kebutuhan listrik yang bersifat mendesak atau segera, serta tidak di pungut biaya apapun sudah berikut bahan bakar. Pelaksanaan akan di kerjakan oleh petugas pelayanan teknik kami dan kami berharap saudara membantu segala sesuatunya. Saran dari kami untuk tidak memberikan tip / uang kepada petugas kami. Demikian kami sampaikan dan atas segala perhatian dan dukungannya kami ucapkan terima kasih.”

Akun Facebook Verry Yadilham mengunggah foto surat yang menginformasikan adanya pemadaman listik di beberapa wilayah Bogor tanggal 4 dan 5 November 2020. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mempersiapkan segala keperluan dan akan ada bantuan dalam bentuk unit genset untuk kebutuhan listrik yang bersifat mendesak bagi pelanggan prioritas. Berdasarkan hasil penelusuran, surat tersebut merupakan surat palsu. Mengutip dari Tribunnews Bogor, Humas PLN Unit Induk Pembanguan (UIP) 3 Bogor, Deni Hermawan menyatakan bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar dan tidak ada pemadaman listrik seperti yang diinformasikan dalam surat tersebut. Melalui Akun Twitter PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Bogor Kota (@pln_bogorkota), PT PLN (Persero) juga meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap informasi tersebut. Dengan demikian, unggahan akun Facebook Verry Yadilham dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu karena Humas PLN Unit Induk Pembanguan (UIP) 3 Bogor, Deni Hermawan menyatakan bahwa surat yang beredar itu tidak benar dan tidak ada pemadaman listrik seperti yang tertulis dalam surat tersebut.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat Mafindo Universitas Pendidikan Indonesia) Surat palsu. Faktanya, mengutip dari Tribunnews Bogor, Humas PLN Unit Induk Pembanguan (UIP) 3 Bogor, Deni Hermawan menyatakan bahwa surat yang beredar itu tidak benar dan tidak ada pemadaman listrik seperti yang tertulis dalam surat tersebut.

https://bogor.tribunnews.com/2020/11/06/beredar-surat-warga-bogor-disuruh-siapkan-genset-karena-bakal-ada-pemadaman-listrik-pln-hoaks.

Publish date : 2020-11-11