[SALAH] Pesan Berantai ‘India Is Doing It’ Bisa Retas Ponsel

Beredar pesan berantai di WhatsApp pada 26 Oktober 2020 yang mengklaim untuk jangan buka video dengan judul ‘India Is Doing It’ karena dapat membuat ponsel diretas.

Berdasarkan penelusuran dengan kata kunci ‘India Is Doing It Hacking’ di mesin pencari google, telah ditemukan artikel dari BOOM (situs periksa fakta di India) dengan judul “Hoax Message Claims ‘India Is Doing It’ Video Will Hack Your Phone” yang dimuat pada 16 Oktober 2020. Dalam artikel tersebut, klaim yang menyatakan video ‘India Is Doing It’ dapat meretas ponsel adalah tidak benar. Pencarian berikutnya juga ditemukan bahwa klaim ini juga beredar di negara lain, tetapi menggunakan nama negara Argentina. Klaim ini beredar pada bulan Juli 2020. Tim periksa fakta Snopes, Africa Check, dan Chequeado menyatakan video ‘Argentina Is Doing It’ adalah tidak benar dan tidak ditemukan video serta data korban peretasannya. Dengan demikian, pesan berantai ‘India Is Doing It’ dapat meretas ponsel adalah tidak benar karena tidak ditemukan video dan data dari korban peretasan. Informasi ini masuk dalam kategori konten palsu.

https://www.boomlive.in/…/hoax-message-claims-india-is… https://fullfact.org/online/india-is-doing-it-hoax-message/ https://www.boomlive.in/…/fake-message-claims-argentina… https://www.liputan6.com/…/cek-fakta-hoaks-video-india…

Publish date : 2020-11-05