Diperiksa Polisi Dewi Tanjung Ditanya Soal menginap berdua dalam hotel bersama pengusaha tiongkok

Melalui media sosial Facebook pemilik akun Dinda Simarmata Nauli membagikan sebuah kiriman yang menyertakan tangkapan layar news.detik.com dengan judul berita “Diperiksa Polisi Dewi Tanjung Ditanya Soal Menginap Berdua Dalam Hotel Bersama Pengusaha Tiongkok”.

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencarian milik Google, diketahui judul berita tersebut telah disunting. Melansir dari portal berita news.detik.com judul asli dari berita tersebut adalah “Diperiksa Polisi Dewi Tanjung Ditanya Soal Tanggapan Penyiraman ke Novel”. Sementara foto yang digunakan pada tangkapan layar, diketahui pernah digunakan oleh suara.com pada pemberitaan berjudul “Gerebek Bu Guru Indehoi saat Malam Takbiran, Warga sampai Naik Genteng” yang terbit pada Selasa 26 Mei 2020. Berdasarkan pada seluruh referensi yang ada, klaim pemberitaan Dewi Tanjung Menginap Berdua Dalam Hotel Bersama Pengusaha Tiongkok termasuk hoaks dengan kategori konten yang dimanipulasi.

https://jateng.suara.com/read/2020/05/26/190242/gerebek-bu-guru-indehoi-saat-malam-takbiran-warga-sampai-naik-genteng https://news.detik.com/berita/d-4780623/diperiksa-polisi-dewi-tanjung-ditanya-soal-tanggapan-penyiraman-ke-novel

Publish date : 2020-10-22