[SALAH] Pemadaman Jaringan Internet pada 3-4 Oktober 2020 di Kota Semarang

Akun Facebook BerbezaKasta mengunggah sebuah surat dari Pemerintah Kota Semarang yang menginformasikan bahwa akan ada pemadaman jaringan internet mulai tanggal 3-4 Oktober 2020. Narasi yang diunggah bersama foto tersebut menyebutkan bahwa hari Sabtu dan Minggu akan dilakukan pemanadan internet khusus di Kota Semarang.

Setelah ditelusuri, ternyata dalam rangka Proses Rehabilitas Data Center dan Penataan Rak Server Jaringan Internet dan Intranet, Pemerintah Kota Semarang akan mematikan server untuk sementara waktu hanya di lingkungan Balaikota Semarang. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, padamnya jaringan internet itu hanya untuk jaringan milik Pemerintah Kota Semarang termasuk Organisasi Perangkat Daerah. Padamnya jaringan internet pemkot itu dipastikan tidak berdampak kepada masyarakat. “Itu hanya perbaikan server balaikota. Kalau internet masyarakat tetap aktif,” tegas Bambang. Sehingga klaim mengenai pemadaman jaringan internet di Kota Semarang adalah tidak tepat. Unggahan tersebut masuk ke dalam kategori konten yang salah.

https://www.instagram.com/semarangpemkot/?utm_source=ig_embed https://sigijateng.id/2020/pemkot-semarang-klarifikasi-kabar-pemadaman-jaringan-internet-yang-bikin-heboh/

Publish date : 2020-10-15