[SALAH] Gambar Ilustrasi Pembangunan Jalur Pesisir Motewe Kabupaten Muna

Melalui media sosial Facebook, pemilik akun Wati membagikan sebuah unggahan gambar ilustrasi pembangungan jalur pesisir Motewe di grup Facebook Pilkada Muna 2020. Unggahan dari pemilik akun Facebook Wati tersebut telah dibagikan sebanyak tiga kali, dan menuai sebanyak 166 komentar dari pengguna facebook lainnya.

Setelah dilakukan penelusuran terkait dengan gambar yang dibagikan oleh pemilik akun Facebook Wati, diketahui bahwa informasi yang terdapat di dalamnya merupakan gambaran ilustrasi pembangunan yang ada di Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Melalui mesin pencarian gambar milik Google, gambar yang digunakan diketahui tidak mewakili konteks yang diberitakan. Foto pada unggahan tersebut diketahui merupakan gambar ilustrasi pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kawasan Pantai Marina Bukit Pramuka, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Berdasarkan pada seluruh referensi yang ada, klaim ilustrasi pembangunan jalur pesisir Motewe itu termasuk hoaks dengan kategori konten yang salah.

https://finance.detik.com/infrastruktur/d-5187805/rencana-brantas-abipraya-percantik-labuan-bajojadi-waterfront-city https://travel.tempo.co/read/1390621/wajah-baru-pantai-marina-bukit-pramuka-labuan-bajo-di-akhir-2021 https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200926132443-33-189670/jadi-waterfront-city-brantas-abipraya-percantik-labuan-bajo https://zonasultra.com/pemda-muna-bakal-bangun-kota-baru-di-pesisir-pantai-motewe.html

Publish date : 2020-10-14