[SALAH] Pesan Berantai Undian Berhadiah PT Pertamina

“Selamat anda mendapatkan HADIAH Dari PT. PERTAMINA Dengan kode PIN (385ua27) U/info Lebih lanjut cek; http://bit [dot] ly/undian”

Beredar pesan berantai melalui SMS mengatasnamakan PT. PERTAMINA dengan klaim penerima pesan berhasil mendapat hadiah dengan menyertakan ‘PIN’ dan sebuah tautan. Dari hasil penelusuran diketahui pesan berantai tersebut palsu, sebelumnya pesan tersebut pernah diperiksa kebenarannya oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Pesan Undian Berhadiah dari PT Pertamina” yang tayang pada tanggal 27/2/2020. Dalam artikel disebutkan pertamina telah angkat bicara perihal munculnya pesan undian berhadiah yang mengklaim berasal dari PT. Pertamina. Pesan tersebut dikirim baik melalui SMS, Whatsapp dan juga email. Untuk mencegah adanya indikasi penipuan, pihak terkait pun akhirnya angkat bicara. Melalui laman pertamina.com, Vice President Corporate Communicaton Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan bahwa seluruh program promosi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan yakni website www.pertamina.com, akun sosial media @pertamina.com serta aplikasi resmi MyPertamina. Menurut press release tersebut saat ini Pertamina sedang melaksanakan Program Berbagi Berkah MyPertamina (BBM) bagi para pelanggan Pertamina yang menggunakan produk-produk unggulan seperti Pertamax Series, Dex Series, Bright Gas serta Pelumas. Syaratnya, telah memiliki akun di aplikasi resmi MyPertamina dan seluruh informasi tersedia pada aplikasi tersebut. Lebih lanjut Fajriyah mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati jika mendapat informasi hadiah yang disampaikan secara tertutup. “Jika ada program promosi atau undian berhadiah yang disampaikan secara tertutup, maka dipastikan itu penipuan dan hoaks atau berita bohong, bukan dari Pertamina. Segera hubungi Call Center 135, jangan sampai menjadi korban dari modus penipuan” pungkas Fajriyah dalam press release yang diunggah pada 25/2/2020. Dari penelusuran di atas, pesan berantai tersebut masuk kategori Konten Palsu.

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia). Pesan berantai mengatasnamakan PT.Pertamina dengan klaim penerima mendapat hadiah tersebut adalah hoaks. Pihak Pertamina telah memberikan pernyataan terhadap isu tersebut melalui press releasenya bulan Februari lalu.

https://turnbackhoax.id/2020/02/27/salah-pesan-undian-berhadiah-dari-pt-pertamina/ https://www.pertamina.com/id/news-room/news-release/pertamina-imbau-masyarakat-waspada-penipuan-undian-hoaks https://ekbis.sindonews.com/berita/1537645/34/pertamina-imbau-masyarakat-waspada-penipuan-undian-hoaks

Publish date : 2020-10-04