[SALAH] Bank Indonesia Bagi Hadiah Langsung Transfer ke Rekening Pribadi

Telah beredar pesan berantai mengatasnamakan Bank Indonesia mengenai bagi-bagi hadiah langsung transfer ke rekening pribadi. Dalam pesan tersebut, nasabah harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu sebagai syarat yang diberlakukan oleh Bank Indonesia dan OJK. Dan apabila uang tersebut tidak ditransfer, maka pencairan dana pun tidak dipenuhi.

Berdasarkan penelusuran, pesan berantai tersebut adalah salah. Melalui Liputan6.com Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko. “Tidak benar jika ada yang bilang Bank Indonesia bisa layani nasabah. Jadi jika dapat informasi atau pesan seperti itu adalah hoaks” ujar Onny. Lebih lanjut Onny menghimbau masyarakat, untuk melapor ke pihak berwajib apabila terkena dampak penipuan tersebut . “Untuk berita hoaks seperti itu sudah kami laporkan ke Kominfo. Namun jika ada nasabah yang terkena penipuan maka bisa langsung lapor ke pihak yang berwajib” lanjut Onny. Bank Indonesia juga melakukan klarifikasi di akun Instagram resminya @bank_indonesia bahwa bank tidak pernah menerima atau mengirim transfer dana langsung pada masyarakat. Dengan demikian, pesan berantai terkait Bank Indonesia bagikan hadiah langsung transfer ke rekening pribadi termasuk kategori Konten Palsu. Hal ini dikarenakan pesan tersebut adalah hoax.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4369336/cek-fakta-hoaks-bank-indonesia-bagi-hadiah-langsung-transfer-ke-rekening-pribadihttps://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-bank-indonesia-bagikan-hadiah-langsung-transfer-ke-rekening-pribadi.htmlhttps://www.instagram.com/p/CFdzVdeF0CY/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

Publish date : 2020-10-01