[SALAH] Video Pria Berseragam Polisi Indonesia yang Berbahasa Mandarin adalah Bukan WNI

Akun Facebook Consky Alexander atau @consky.alexander mengunggah satu video berdurasi satu (1) menit yang berisi seorang polisi dalam suatu kegiatan yang mendemostrasikan bahasa Mandarin. Unggahan video itu pun diiringi narasi yang menilai bahwa pria berseragam polisi Indonesia tersebut bukanlah Warga Negara Indonesia atau WNI: Berikut narasi lengkapnya: “Ini dia ngomong apa ya ? Dengan pakaian resmi polri Bukankan menjari anggota Polri sarat utamanya adalah berWARGA NEGARA INDONESIA Saya sangat2 gagal paham Bisa ada yg menjelaskan ?,” tulis akun Facebook Consky Alexander, Kamis (4/6).

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, diketahui unggahan akun Facebook Consky Alexander dengan narasinya adalah salah atau keliru. Akun Instagram BAG SUMDA POLRES BELITUNG atau @bagsumdapolresbelitung pada Selasa, 5 November 2019 juga mengupload video yang sama dengan akun Facebook Consky Alexander. Dalam postingan tersebut, akun @bagsumdapolresbelitung menjelaskan bahwa polisi yang berbahasa Mandarin itu adalah polisi Indonesia asal Bangka Belitung yang sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa Lemdiklat Polri. Diketahui Sebasa Lemdiklat Polri merupakan lembaga pendidikan Polri yang mengajarkan 5 (lima) bahasa asing bagi seluruh anggota Polri se- Indonesia diantaranya bahasa Indonesia (bagi siswa Mancanegara), bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Arab dan Jepang.

Klaim akun Facebook Consky Alexander terhadap video pria berseragam polisi Indonesia yang berbahasa Mandarin dalam suatu kegiatan dinilai bukan WNI adalah salah atau keliru. Video polisi berbahasa Mandarin tersebut adalah video polisi Indonesia asal Bangka Belitung yang sedang belajar Bahasa Mandarin di Sebasa Lemdiklat Polri.

1. https://archive.fo/RbhYw# 2.https://www.facebook.com/consky.alexander/videos/333211930978620/ 3. https://www.instagram.com/p/B4d_clWH55n/… 4.https://www.medcom.id/…/1bVjdDab-beredar-video-polisi… 5.https://www.liputan6.com/…/cek-fakta-ini-bukan-video… 6. https://www.youtube.com/watch?v=z4aXbICy4So

Publish date : 2020-06-11