[SALAH] Surat Panggilan Calon Karyawan Pertamina DIY dan Solo

Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara yang kami terima, dengan ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Sehingga Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon Karyawan (i) PT Pertamina Persero. Untuk dapat memenuhi tes seleksi ini Saudara diwajibkan membawa KTP/SIM (Kartu Identitas Diri Asli) serta surat panggilan tes yang sudah dikirim via E-mail ke masing-masing peserta (Surat Mohon di Print). Peserta yang namanya terdaftar di harapkan untuk mengikuti pengarahan yang akan dilaksanakan pada, Hari/Tgl: Waktu: Tempat: Alamat:

Telah beredar surat panggilan kerja mengatasnamakan PT Pertamina untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta. Menurut klaim, calon karyawan yang lulus akan langsung menjalani tes kesehatan pada keesokan harinya. Berdasar penelusuran dari solopos.com, diketahui bahwa surat tersebut adalah palsu alias hoaks. Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan jika PT Pertamina belum membuka lowongan baru untuk saat ini. “Kami memang belum membuka lowongan baru saat ini. Selain itu juga kami selalu menginformasikan melalui aku media sosial resmi Pertamina dan website recruitmen.pertamina.com” jelas Fajriyah. Ia juga menyatakan bahwa modus penipuan itu sudah sering dan sudah dilaporkan pula kepada Kominfo. “Yang jelas PT Pertamina tidak pernah menggunakan pihak ketiga untuk perekrutan karyawan dan tidak pernah memungut biaya calon karyawan. Kami berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan surat panggilan atau lowongan pekerjaan dari PT Pertamina. Jika masih ragu bisa hubungi kami di 1-500-000” tutur Fajriyah. Dengan demikian, surat Panggilan Calon Karyawan Pertamina DIY dan Solo ini termasuk kategori Konten Palsu. Hal ini dikarenakan dari pihak PT Pertamina sendiri tidak membuka lowongan pekerjaan tidak benar adanya.

Hasil Perika Fakta Rahmi Kania Dewi (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta) Narasi yang salah. Faktanya tidak ada panggilan untuk calon karyawan Pertamina DIY dan Solo.

https://www.solopos.com/cek-fakta-surat-panggilan-calon-karyawan-pertamina-diy-solo-hoax-1078543 https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-surat-panggilan-calon-karyawan-pt-pertamina-diy-dan-surakarta.html https://twitter.com/pertamina/status/1295254435342331904?s=08

Publish date : 2020-09-08