[SALAH] Pernyataan Jokowi Ekonomi Indonesia Terjun Bebas Tidak Diberi Utang Lagi

Akun Facebook bernama Adam Fi Sabilillah mengunggah status pada tanggal 19/8/2020 di grup facebook ‘MANUSIA MERDEKA’ berupa sebuah layar tangkap berita yang menampilkan pernyataan Jokowi tentang kondisi ekonomi Indonesia. Dalam gambar tersebut menunjukan Jokowi yang mengatakan ekonomi Indonesia terjun bebas dan tidak diberi pinjaman utang. Berikut kutipan narasinya: “anjai... ancor..ancorrrrrr.... ayooooo.. mau bikin apa lagi...” “Jokowi – Pertumbuhan Ekonomi Indonesia “Terjun Bebas” ngutang, enggak diberi lagi, gaess”

Dari hasil penelusuran, berita asli berasal dari laman jpnn.com dengan judul artikel asli Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia “Terjun Bebas.”Artikel tersebut tayang pada tanggal 14/4/2020 lalu. Pada bagian judul berita telah mengalami penyuntingan dengan menghilangkan dan menambahkan beberapa kata sehingga berbeda makna. Pada isi artikel dijelaskan bahwa Jokowi memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 bakal jatuh cukup drastis. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat paripurna kabinet melalui telekonferensi di Istana Bogor, Selasa (14/4/2020). Pada penelusuran dari laman vivanews.com Jokowi mengatakan pemerintah Indonesia harus bersiap-siap dan menyiapkan segala kemungkinan tersebut. Jokowi mengajak agar tidak ada sikap pesimis, tetap ikhtiar dan berusaha agar pemulihan kesehatan dan ekonomi bisa diatasi. Tidak ditemukan pembahasan mengenai rencana utang atau peminjaman dana yang ditolak seperti dalam status. Pada foto yang di rilis oleh setkab.go.id disebutkan beberapa agenda rapat tersebut yaitu: pembahasan kerangka ekonomi makro, pengelolaan sumberdaya dan realokasi anggaran. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

Gambar suntingan atau editan. Berita asli berjudul ‘Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia "Terjun Bebas"’, tidak terdapat pembahasan mengenai utang di dalam artikel asli.

https://turnbackhoax.id/2020/08/23/salah-pernyataan-jokowi-ekonomi-indonesia-terjun-bebas-tidak-diberi-utang-lagi/ https://www.jpnn.com/news/jokowi-prediksi-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-terjun-bebas https://www.vivanews.com/berita/nasional/45120-jokowi-ekonomi-ri-2020-terkoreksi-cukup-tajam-nbsp https://setkab.go.id/gallery/sidang-kabinet-paripurna-melalui-konferensi-video-selasa-14-april-2020/

Publish date : 2020-08-23