[SALAH] Kambing Melahirkan Anak Babi

Sebuah akun Facebook bernama Sumaniz Muchlas Ade Putra mengunggah video berdurasi 30 detik yang memperlihatkan seekor anak kambing yang dikerubungi warga. Video yang telah dibagikan sebanyak 265 kali itu diklaim sebagai kambing yang melahirkan anak kambing. Berikut kutipan narasinya: “Viral loor kambing melahirkan anak babi desa balong anyar kec.lekok kab.pasuruan”

Video tersebut diunggah oleh chanel Youtube Ali Suyuti dan Gembok Putih pada 15 Agustus lalu. Pada chanel Youtube Ali Suyuti, video berdurasi 50 detik dengan jumlah penonton sebanyak 1041 penonton. Ada pun pada chanel Gembok Putih, video yang diunggah berdurasi 1 menit 52 detik itu, perekam sempat menanyakan orang yang diklaim sebagai pemilik kambing tersebut. Berdasarkan penuturan Kepala Desa Balungayar, Soleh membenarkan bahwa video anak kambing itu viral di desanya. "Iya di desa kami viral video kambing berkepala babi itu. Tapi menurut saya, itu bukan anak kambing berkepala babi. Tapi anak kambing lahir prematur," jelas Sholeh saat dihubungi jatimnow.com, Selasa (18/8/2020). Lukman, salah satu warga Desa Balunganyar membenarkan jika peristiwa terjadi di desanya. Katanya, peristiwa itu terjadi di Dusun Wedusan Kidul. "Iya itu benar. Tapi bukan anak kambing berkepala babi. Itu hanya dikait-kaitkan saja sama warga. Aslinya ya anak kambing lahir prematur," tegas Lukman.

Klaim tersebut hanya dikait-kaitkan oleh warga sekitar. Faktanya, anak kambing tersebut lahir secara prematur di Desa Balunganyar tepatnya peristiwa itu terjadi di Dusun Wedusan Kidul.

https://turnbackhoax.id/2020/08/22/salah-kambing-melahirkan-anak-babi/ https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4335513/cek-fakta-viral-video-kambing-melahirkan-anak-babi-benarkah?medium=Headline&campaign=Headline_click_1 https://jatimnow.com/baca-28946-viral-video-anak-kambing-berkepala-babi-begini-faktanya https://www.youtube.com/watch?v=eS-zxFQZqhU https://www.youtube.com/watch?v=e9jTW_sLYGM

Publish date : 2020-08-22