[SALAH] Foto Jokowi Mengukur Baju Karya Desainer Ivan Gunawan

Akun Facebook Ratno Kubil mengunggah foto Presiden Joko Widodo tengah memegang baju batik. Dalam narasinya, Akun Ratno menyebutkan bahwa foto tersebut merupakan foto Presiden Jokowi sedang mengukur baju karya desainer terkenal Ivan Gunawan. Berikut kutipan narasinya: “Contoh Pemimpin Merakyat Tapi Hati Buat KONGLOMERAT. Lagi Ngukur Baju Gaesss Biar Kelihatan Merakyat, Buat Hadiri DEKLARASI KITA Dan JURI DANGDUT AKADEMI INDOSIAR😂😂 Karya Desainer Terkenal Ivan Gunawan.”

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari liputan6.com, diketahui bahwa foto tersebut bukan foto Presiden Jokowi saat mengukur baju karya desainer Ivan Gunawan. Foto tersebut terkait kunjungan pedagang pasar tradisional ke Istana Negara pada 3 September 2015. Hal tersebut diketahui dari kesamaan baju yang dipegang Presiden Jokowi pada foto pada laman tempo.co pada artikel foto berjudul “Jokowi Jamu Makan Siang Pedagang Pasar Tradisional di Istana” yang tayang pada 3 September 2015. Pada keterangan foto disebutkan bahwa momen tersebut diambil saat Presiden Jokowi memperhatikan hasil pemberian seorang pedagang pasar tradisional yang diundang untuk makan siang di Istana Negara. Foto serupa juga terdapat pada artikel foto suara.com berjudul “Jokowi Makan Bersama Pedagang Tradisional” yang tayang pada 3 September 2015.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim akun Ratno Kubil tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1266036187062247/ https://turnbackhoax.id/2020/08/21/salah-foto-jokowi-mengukur-baju-karya-desainer-ivan-gunawan/ https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4336303/cek-fakta-tidak-benar-dalam-foto-ini-jokowi-mengukur-baju-karya-ivan-gunawan-untuk-menjadi-juri-dangdut-akademi-indosiar https://foto.tempo.co/read/33743/jokowi-jamu-makan-siang-pedagang-pasar-tradisional-di-istana#foto-4 https://www.suara.com/foto/2015/09/03/174629/jokowi-makan-bersama-pedagang-tradisional?page=3

Publish date : 2020-08-21